Berada di Wilayah Yang Sama, Berikut Perbandingan Kuliner China, Jepang, dan Korea

Wine & Dine23 August 2021

By Rambu Moara

Berada di Wilayah Yang Sama, Berikut Perbandingan Kuliner China, Jepang, dan Korea

Sama-sama berada di wilayah Asia Timur membuat beberapa negara seperti China, Jepang dan Korea memiliki beberapa kesamaan baik dari budaya hingga kuliner khasnya.


Selain terkenal akan kesamaan budayanya di beberapa aspek, China, Korea dan Jepang juga memiliki beberapa kesamaan pada bidang kuliner. Karakteristik kuliner tersebut biasanya dengan mudah diperkenalkan melalui film dari masing-masing negara. Jika Anda penggemar film China, Jepang atau Korea, pasti sudah tidak asing dengan beberapa jenis makanan ini.

La Mian, Ramen, dan Ramyeon

Ketiga makanan pertama ini tentu sering Anda lihat di drama atau film. La mian berasal dari China, Ramen dari Jepang dan ada Ramyeon dari Korea. Kesamaan pertama pada tiga makanan ini yaitu terletak pada penggunaan nama akhiran yaitu -Mian, -Men, dan -Myeon, yang mana semuanya berarti mie. Makanan ini juga biasanya disajikan berkuah. Namun jika mengenai rasa, ketiganya memiliki banyak perbedaan.

Misalnya untuk la mian dan ramen sering menggunakan kaldu rebusan daging sebagai kuah dan diberi toping daging cincang serta sayuran. Sementara ramyeon Korea rasanya lebih mirip mie instan daripada la mian dan ramen. Selain itu, penggunaan pasta cabai dan kimchi juga menjadi pembeda rasa yang besar antara ramyeon dan la mian serta ramen.

Fu Yong Hai, Okonomiyaki, dan Kimchijeon

Untuk jenis makanan ini, mungkin tidak sefamiliar tiga makanan di atas. Tetapi makanan ini memiliki beberapa persamaan yaitu sama-sama menggunakan sayur di dalamnya. Untuk proses pembuatan ketiganya sama-sama menggunakan teknik menggoreng. Sementara untuk sausnya sangat berbeda.

Fu yong hai yang berasal dari China menggunakan saus asam manis kental dan diberi kacang polong. Dari Jepang, ada okonomiyaki yang menggunakan saus ikan dan mayonaise. Terakhir, untuk Kimchijeon tidak menggunakan saus khusus yang dituangkan kecuali saus cocol biasa yang terbuat dari pasta cabai.

BACA JUGA: SaladStop! Rilis Menu Baru Bercita Rasa Korea dengan Standarisasi Tinggi

Jiaozi, Gyoza, dan Mandu

Mirip dengan makanan pertama, jenis makanan ini pasti sering Anda temukan di restoran China, Jepang atau Korea ataupun ditemukan di drama kesayangan Anda. Ketiga makanan ini masuk dalam golongan dumpling. Jiaozi berasal dari China, Gyoza dari Jepang, dan Mandu dari Korea. Persamaan pada ketiga makanan ini adalah menggunakan adonan terigu yang dipipihkan, diberi isian didalamnya dan pinggirannya dilipat membentuk pita.

Untuk jiaozi dan gyoza umumnya diberi isian sayur, daging cincang, serta tambahan ekstra bawang putih untuk gyoza. Sementara mandu dapat diisi dengan apapun seperti kimchi, tahu, daging cincang, dan lain-lain. Untuk penyajiannya, Jiaozi sering diseduh dengan kuah, Gyoza lebih sering digoreng, sementara mandu dapat digoreng, dikukus, maupun diseduh dengan kuah.

Sushi dan Kimbab

Makanan terakhir adalah jenis makanan yang bisa Anda temukan di convenience store hingga restoran khusus di Indonesia. Benar, mereka adalah kimbab dan sushi! Kimbab dan sushi sama-sama merupakan nasi gulung dengan isian di tengahnya. Kimbab biasanya diisi telur, sayuran yang ditumis, daging dan daun perila sebagai tambahan. Sementara sushi, seperti yang sering ditemui di restoran Jepang, biasanya diisi dengan ikan salmon, tuna, dan tobiko segar.