Karakeristik Penikmat Kopi dan Teh Ternyata Berbeda. Anda termasuk Tim Yang Mana?

Wine & Dine01 October 2020

By Novita Angelina

Karakeristik Penikmat Kopi dan Teh Ternyata Berbeda. Anda termasuk Tim Yang Mana?

Memiliki rasa yang cukup kontras, baik kopi dan teh ini memiliki penggemar fanatiknya tersendiri. Menurut penelitian, masing-masing dari penggemarnya juga memiliki sifat atau karakter yang berbeda.


Tak dapat dipungkiri, teh dan kopi merupakan jenis minuman favorit dari seluruh dunia. Kopi dan teh disebut sebagai minuman paling banyak dikonsumsi kedua di dunia setelah air putih. Orang-orang biasanya meminum kopi atau teh sebagai salah satu sumber energi sebelum bepergian.

Berbagai negara juga memiliki varian kopi dan tehnya masing-masing. Baik kopi dan teh sendiri memiliki teknik pengolahan dan cara penyajian yang beragam. Perbedaan cara penyajiannya makin menambah kekayaan cita rasa dari teh dan kopi tersebut.

Kedua rasa yang berbeda tersebut dipercaya menjadi pemicu perbedaan karakter dan sifat dari masing-masing penikmatnya.

Di Amerika Serikat pernah dilakukan penelitian kepribadian di atara kedua penggemar teh dan kopi ini dengan melibatkan lebih dari 75 persen koresponden yang meminum secangkir kopi atau teh pertama mereka sebelum jam 8 pagi.

Dari hasil penelitian itu ditemukan bahwa peminum teh lebih cenderung Ekstrover dibandingkan peminum kopi yang cenderung Introver. Orang yang rutin meminum kopi akan lebih cepat untuk tertidur dibandingkan dengan yang suka meminum teh.

Karena peminum kopi menjadi mudah tidur, hal itu yang mungkin membantu mereka bangun dengan alarm pertama di pagi hari dan menjadi orang yang lebih tepat waktu. Menurut peneitian, penggemar kopi lebih cenderung mengatakan bahwa mereka merupakan orang yang ‘selalu’ tepat waktu.

Oleh karena itu peminum kopi cenderung merupakan ‘morning person’, dibandingkan peminum teh yang cenderung menjadi ‘night person’ dan akan menjadi lebih pendiam di pagi hari.

BACA JUGA: Mengenal 6 Jenis Roti Tradisional Paling Eksis di Dunia

Ketika diminta untuk memilih jenis hiburan yang mereka tonton di TV, peminum teh lebih cenderung memilih menikmati The Walking Dead, Friends, dan The Big Bang Theory di TV, sementara penggemar kopi lebih menyukai Grey’s Anatomy, The Office, dan Seinfeld.

Begitu juga dengan selera musik di antara kedua kelompok ini berbeda. Responden yang meminum kopi setiap pagi mengatakan bahwa mereka lebih suka mendengarkan musik punk, rock, blues, dan jazz. Sedangkan penggemar minuman teh lebih menyukai musik klasik, country, pop, atau hip-hop / rap.

Yang menarik lainnya, dari penelitian tersebut ditemukan bahwa para penikmat kopi di pagi hari akan cendeung lebih menyukai anjing dibandingkan penikmat teh yang akan lebih menyukai kucing.

Pada penelitian itu diketahui penggemar teh lebih menyukai makanan manis dan lebih mungkin untuk menambahkan gula atau madu ke minuman mereka. Mereka aka cenderung meminum teh secara langsung ketika kondisi masih panas dibandingkan dingin.

Kafein juga menjadi salah satu alasan utama beberapa orang beralih dari meminum kopi ke teh, karena menurut mereka kopi mengandung terlalu banyak kafein.

Jadi apakah Anda termasuk penikmat teh atau penikmat kopi di pagi hari?