Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Beberapa Tanaman Hias Berikut Mampu Hilangkan Stress dan Cocok Menjadi Dekorasi Ruangan

Wellness29 May 2022

By Clara Enocensia

Beberapa Tanaman Hias Berikut Mampu Hilangkan Stress dan Cocok Menjadi Dekorasi Ruangan

Setelah menjalani hari yang padat dan penuh tekanan, aktivitas kreatif seperti berkebun dapat membantu memfokuskan pikiran serta menenangkan otak dan tubuh.


Selain menjadi dekorasi ruangan, beberapa tanaman berikut ini juga memiliki berbagai manfaat, terutama untuk kesehatan mental. Kegiatan sehari-hari yang padat seringkali meningkatkan tingkat stress dan kecemasan, terutama di masa pandemi global COVID-19 ini.

Jika Anda ingin menciptakan lingkungan rumah serta ruangan yang menenangkan, Anda tidak perlu melakukan perombakan besar. Letakan tanaman-tanaman berikut untuk meningkatkan kualitas udara, sistem kekebalan tubuh, produktivitas, serta menjaga kesehatan mental Anda.

1. Lavender

Aroma lavender yang menenangkan, menjadikannya sebagai bahan dasar aromaterapi yang sempurna. Keharuman tanaman ini dipercaya dapat menciptakan rasa tenang karena tanaman ini memiliki berbagai khasiat, seperti membantu mengurangi stress, kecemasan, bahkan rasa sakit ringan. Menurut penelitian, aroma lavender dapat secara signifikan mengurangi tingkat kecemasan responden dengan fobia pada pasien gigi.

2. Bunga Melati

Tanaman yang sering mempercantik pekarangan rumah ini, ternyata cukup mudah untuk ditanam dan dirawat sebagai tanaman hias di dalam pot serta di letakan di dalam ruangan. Aroma harum dari bunga melati dapat mempengaruhi reaksi kimia pada sistem saraf otak, di mana ketika aromanya dihirup dapat menenangkan sistem saraf, mengurangi kecemasan, serta depresi ringan.

3. Lidah Buaya

Terkenal sebagai bahan anti-inflamasi yang digunakan untuk menyembuhkan luka dan merawat kulit, tetapi tidak hanya itu, lidah buaya juga memiliki kemampuan untuk membersihkan udara di dalam ruangan. Sistem perawatannya yang mudah menjadikan tanaman ini sebagai tanaman hias indoor yang ideal dan cantik.

Penelitian membuktikan bahwa paparan polusi dapat meningkatkan kecemasan, ketakutan, dan kekhawatiran. Lidah buaya mampu menghilangkan bahan kimia berbahaya dari udara yang dapat mempengaruhi sistem pernapasan kita dan memicu perasaan stress dan gelisah.

4. Chamomile

Sering dijadikan bahan dasar teh, chamomile dengan bunga cantiknya menjadi salah satu tanaman indoor penghilang stress terbaik untuk diletakan di dalam ruangan. Selain itu, tanaman ini juga berkhasiat untuk meredakan sakit perut dan mampu mendetoksifikasi tubuh dengan meningkatkan metabolisme dan sistem pencernaan.