Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Beberapa Penyebab Rambut Rontok Berlebih Dan Cara Merawatnya

Beauty25 November 2021

By Rambu Moara

Beberapa Penyebab Rambut Rontok Berlebih Dan Cara Merawatnya

Stres baik secara fisik dan emosi merupakan faktor yang menyebabkan kerontokan rambut berlebih karena memicu perubahan hormon dan mendatangkan kondisi rambut berhenti bertumbuh.


Rambut rontok adalah hal wajar, khususnya pada kaum wanita. Pada umumnya, dalam sehari bisa terdapat 50 hingga 100 helai rambut yang rontok, dan hal tersebut dianggap normal. Tetapi karena beberapa faktor, rambut bisa saja rontok lebih banyak dari biasanya. Simak beberapa faktor yang telah HighEnd rangkup bersama cara mengatasi rambut rontok.

Faktor Penyebab Rambut Rontok

Dilansir dari alodokter.com berikut beberapa faktor yang mempengaruhi kerontokan rambut;
- Stres berlebih baik secara emosi dan fisik (pasca persalinan) dapat memicu perubahan hormon yang mendatangkan kondisi rambut berhenti tumbuh dan rontok atau telogen effluvium dan alopecia areata.

- Kekurangan vitamin dan mineral seperti vitamin B, D, A, C, E, zat besi, dan protein

- Efek samping obat-obatan seperti pil KB, pil obat jerawat, ibuprofen, hingga obat anti depresan

- Terpapar alat styling dan produk pewarna rambut karena mengandung bahan kimia yang kuat sehingga merusak keratin rambut.

- Faktor genetik adalah faktor yang umum terjadi karena bersilangan genetika orang tua bisa menurun pada Anda.

Cara Merawat Rambut Rontok Berlebih

- Perhatikan bahan kimia yang terkandung dalam produk hair care yang Anda gunakan. Beberapa bahan kimia yang dapat menyebabkan rambut rontok adalah paraben, natrium klorida, diethanolamine, triethanolamine, hingga sodium lauryl sulfate. Pastikan Anda membaca bahan-bahan kandungan sebelum membelinya.

- Jangan menyisir rambut saat keramas. Sisirlah rambut Anda sebelum keramas dan setelah kering agar tidak banyak rambut rontok.

- Pangkas rambut Anda dalam 3-6 bulan sekali agar tidak menambah beban pada kulit kepala. Semakin pendek rambut Anda, semakin kecil beban yang dipegang oleh kulit kepala sehingga semakin sedikit rambut yang rontok.

- Perbanyak konsumsi makanan yang tinggi vitamin B, D, A, C, E dan zat besi karena dapat mengurangi rambut rontok.

- Perbanyak konsumsi protein karena 97% struktur rambut merupakan protein sehingga dengan mengonsumsi makanan tinggi protein dapat memperkuat batang rambut

- Kelola emosi Anda dan hindari stres berlebih agar tidak terjadi perubahan hormon.

- Jika semua langkah sudah Anda lakukan dan masih tetap rontok, sebaiknya kunjungi dokter kulit dan konsultasikan permasalahan Anda agar mendapat penanganan medis.