Share
Beberapa Olahraga yang Dapat Dilakukan Agar Tetap Sehat Walau #DirumahAja
Venisa Ruth
02 September 2021

Kita biasanya malas berolahraga dengan alasan tidak memiliki waktu luang untuk pergi ke gym atau melakukan olahraga lainnya. Namun, di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, Anda diwajibkan untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya caranya dengan berolahraga.


Di masa pandemi seperti sekarang ini, Anda mungkin jadi memiliki banyak waktu untuk melakukan lebih banyak aktivitas di rumah. Oleh karena itu, kesibukan bukan menjadi alasan lagi untuk tidak berolahraga. Anda bisa mulai berolahraga di rumah tanpa memerlukan alat khusus, seperti melakukan beberapa olahraga yang mudah diikuti oleh anggota keluarga tercinta lainnya.

1. Jogging

Ini adalah salah satu olahraga termudah dan sangat baik untuk dilakukan. Jogging merupakan salah satu cara untuk membentuk massa otot, membakar kalori, mengurangi jaringan lemak tubuh, dan menjaga kesehatan jantung. Olahraga ini bahkan disebut lebih efektif membakar lemak perut dibanding angkat beban.

Beberapa ini manfaat jogging yaitu: Membantu mengembangkan kekebalan tubuh dan membantu untuk melawan berbagai penyakit. Selain itu, dengan rutin melakukan jogging dipercaya dapat meningkatkan mood serta bermanfaat untuk kesehatan jantung dan otak anda.

2. Dance atau Senam

Jika tidak bisa datang ke gym atau fitness center, Anda juga bisa menjajal senam atau dance dengan mengikuti panduan di YouTube. Di sana terdapat beberapa instruktur zumba, yoga, pilates, ataupun modern dance yang membagikan video panduan olahraga yang Anda dapat ikuti dari rumah. Cukup ketik kata kunci olahraga yang diinginkan, lalu YouTube dapat menampilkan beberapa opsi video yang bisa dipilih, disesuaikan dengan selera Anda.

Ketika Anda melakukan dance dengan teratur, kalori yang dipakai sama seperti ketika Anda melakukan olahraga kardiovaskular. Beberapa gerakan akan membantu tubuh lebih fit dan kuat seperti gerakan melompat yang mampu menambah ketahanan otot, meratakan perut, menghilangkan lemak, hingga pantat dan kaki lebih kencang.

3. Bersepeda

Menurut penelitian, bersepeda dapat berguna untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Hal ini karena aktivitas tersebut dapat mengoptimalkan kinerja sistem kardiovaskular, yaitu jantung dan pembuluh darah, dengan cara memperkuat otot jantung dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Dengan bersepeda, Anda akan dapat menjaga berat badan tetap ideal, karena aktivitas ini mampu membakar lemak dan meningkatkan laju metabolisme tubuh. Bersepeda selama 1 jam saja dapat membakar setidaknya 600 kalori. Untuk mendapat manfaat ini secara optimal, Anda bisa mengombinasikan kebiasaan bersepeda secara rutin dengan pola makan bergizi seimbang untuk mencegah dan mengatasi berat badan berlebih.

Olahraga tentu dapat membuat seseorang lelah. Di sisi lain, olahraga juga bisa menambah energi, entah orang tersebut sakit atau sedang sakit. Pemilihan jenis olahraga juga harus disesuaikan dengan kondisi tubuh, kebiasaan, serta usia.

Pada beberapa kasus, olahraga teratur dapat menambah energi bagi orang-orang yang menderita sindrom kelelahan kronis. Olahraga memberikan manfaat luar biasa ke tubuh. Olahraga secara rutin, minimal tiga kali dalam seminggu, dapat meningkatkan imunitas dan kesehatan tubuh Anda.