Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Beberapa Kebun Binatang Terbaik di Dunia yang Memiliki Koleksi Puluhan Ribu Hewan

Travel17 January 2022

By Clara Enocensia

Beberapa Kebun Binatang Terbaik di Dunia yang Memiliki Koleksi Puluhan Ribu Hewan

Kebun binatang adalah salah satu tempat wisata favorit keluarga. Anda bisa rekreasi sekaligus wisata edukasi bersama buah hati tercinta.


Kebun binatang menjadi salah satu atraksi wisata yang digemari saat hari libur tiba. Baik itu anak-anak ataupun orang dewasa, semua suka berkunjung ke kebun binatang untuk menyaksikan keberagaman satwa yang dipamerkan di sana.

Masing-masing negara biasanya memiliki wisata kebun binatangnya yang unik. Selain melestarikan hewan yang hampir punah, wisata kebun binatang juga bertujuan untuk memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga dan melindungi hewan. Berikut ini beberapa kebun binatang terbesar di dunia yang wajib Anda ketahui.

1. Pretoria Zoo

Pretoria Zoo menjadi kebun binatang terbesar di Afrika Selatan dan menjadi salah satu dari kebun binatang terbaik di dunia. Tercatat lebih dari 600.000 orang mengunjungi kebun binatang ini setiap tahun.

Kebun binatang ini memiliki luas 85 hektar. Di dalamnya, Anda bisa melihat 3.117 spesimen dari 209 spesies mamalia, 1.358 spesimen dari 202 spesies burung, 3.871 spesimen dari 190 spesies ikan, 388 spesimen dari 4 spesies invertebrata, 309 spesimen dari 93 spesies reptil, dan 44 spesimen dari 7 spesies amfibi.

2. Henry Doorly Zoo

Henry Doorly Zoo di Omaha, Amerika, menjadi rumah bagi 17.000 binatang dari 962 spesies. Luas kebun binatang ini mencapai 53 ha. Kebun binatang ini juga menampilkan kucing terbesar di Amerika Utara, kompleks rawa indoor terbesar di dunia, gurun indoor terbesar di dunia, dan kubah geodesik terbesar di dunia.

3. Moscow Zoo



Dibuka pada 1864, Moscow Zoo adalah salah satu kebun binatang tertua di Eropa. Kebun binatang ini punya koleksi 6.000 hewan dari 927 spesies berbeda. Luas areanya 21,5 hektar. Inilah kebun binatang terbesar di Rusia.

4. Berlin Zoological Garden

Dibuka pada 1844, Berlin Zoological Garden atau dalam bahasa Jerman disebut Zoologischer Garten Berlin, adalah kebun binatang tertua dan paling terkenal di Jerman.

Luas kebun binatang ini mencakup 34 ha dengan memiliki lebih dari 1.500 spesies yang berbeda dan sekitar 17.000 hewan. Dengan demikian, kebun binatang ini memiliki koleksi hewan terbanyak di dunia.