Share
Banyak Dikonsumsi saat Bulan Ramadan, Ini Berbagai Manfaat Kurma untuk Kesehatan!
Putrika Annaya Salsabila
14 March 2024

Kerap dikonsumsi untuk berbuka puasa, buah kurma bukan hanya manis, tapi juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.


Bulan Ramadan merupakan saat yang tepat untuk menggali lebih dalam tentang salah satu buah yang kerap menjadi sajian khas, yakni kurma. Kurma, yang merupakan buah dari pohon kurma, telah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir.

Dates 1

Berikut adalah berbagai manfaat kesehatan dari mengonsumsi kurma dan cara untuk menggabungkannya ke dalam pola makan Anda!

1. Sangat Nutritif
Kurma memiliki profil nutrisi yang sangat baik. Meskipun dikeringkan, kandungan kalori mereka lebih tinggi daripada sebagian besar buah segar. Sebagian besar kalori dalam kurma berasal dari karbohidrat.

Namun, kurma juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting serta serat yang signifikan. Sebagai contoh, 100 gram kurma Medjool menyediakan 277 kalori, 75 gram karbohidrat, 7 gram serat, 2 gram protein, dan sejumlah mineral penting seperti kalium, magnesium, tembaga, mangan, dan zat besi.

2. Kaya akan Serat
Kandungan serat kurma sangat tinggi, dengan hampir 7 gram serat dalam porsi 100 gram. Serat ini dapat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan Anda dengan mencegah sembelit dan membantu pengendalian gula darah.

3. Tinggi Antioksidan
Kurma mengandung berbagai antioksidan yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan, termasuk mengurangi risiko beberapa penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, Alzheimer, dan diabetes.

4. Meningkatkan Kesehatan Otak
Studi laboratorium menunjukkan bahwa kurma dapat membantu menurunkan tanda-tanda peradangan dalam otak, yang dapat berhubungan dengan risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer. Selain itu, penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa kurma dapat membantu mengurangi aktivitas protein beta amiloid yang dapat membentuk plak di otak.

5. Mendorong Persalinan Alami
Kurma telah diteliti karena potensinya untuk mendorong dan mempermudah persalinan pada akhir kehamilan. Makan kurma selama beberapa minggu terakhir kehamilan dapat membantu pembukaan serviks dan mengurangi kebutuhan akan induksi persalinan.

6. Pemanis Alami
Kurma adalah sumber fruktosa, jenis gula alami yang ditemukan dalam buah-buahan. Oleh karena itu, kurma sangat manis dan memiliki rasa karamel yang lembut. Mereka merupakan pengganti gula putih yang sehat dalam resep masakan karena nutrisi, serat, dan antioksidan yang mereka sediakan.

7. Mudah Ditambahkan ke Dalam Makanan Anda
Kurma sangat serbaguna dan bisa menjadi camilan lezat. Mereka sering dipadukan dengan makanan lain seperti almond, mentega kacang, atau keju lembut. Selain itu, kurma yang lengket juga bisa digunakan sebagai pengikat dalam kue-kue panggang.

Anda juga dapat mengombinasikan kurma dengan kacang-kacangan dan biji-bijian untuk membuat bar camilan sehat atau bola energi.