ASS at Home Buktikan Konser Virtual Bisa Tetap Spesial dan Berkesan

Event22 December 2020

By Tisya Amanda

ASS at Home Buktikan Konser Virtual Bisa Tetap Spesial dan Berkesan

Asian Sound Syndicate tahun ini dilangsungkan secara virtual dengan jajaran artis hip hop Indonesia, Korea hingga Jepang.


Setelah mengalami penundaan karena pandemi, Asian Sound Syndicate tahun ini digelar secara virtual pada tanggal 19-20 Desember 2020. Konser musik hip hop tahunan ini menghadirkan musisi dari berbagai Negara seperti Indonesia, Jepang hingga Korea Selatan.

Pada tahun ini, Stellar Events mempersembahkan Asian Sound Syndicate yang mengusung tema ‘ASS at Home – Sound in a Box Full of Syndicates’. Konsep panggung pada gelaran acara ini menampilkan sebuah metaphor dari desain box/cubicle sebagai benang merah antar musisi. Bentuk box sendiri merupakan representasi dari isolasi dan menjaga jarak yang saat ini tengah di lakukan oleh masyarakat untuk menghindari penyebaran virus COVID-19.

Konser yang disaksikan melalui platform Visinetshow, pada hari pertama dimeriahkan oleh Ramengvrl, Hoody, Punchnello, Bobby ‘iKon’ dan Jay Park. Dua nama terakhir jadi headline di hari pertama dengan penampilannya yang engejik dan penuh semangat. Walau berlangsung secara virtual vibes yang disampaikan pengisi acara tetap tersampaikan kepada para penontonnya.

Penampilan di hari kedua tidak kalah menarik dengan hari sebelumnya. Dengan hadirnya AKLO & Jay’ED, HAON, pH-1, Tuan Tigabelas dan MINO di hari kedua, membuat ASS At Home makin meriah dengan hadirnya tamu special, Woodie Gochild. Seperti yang kita tahu Stellar Events memang tak pernah main-main dalam menyelenggarakan acaranya.

Penampilan pertama di hari kedua ASS At Home adalah AKLO dan JAY’ED yang dengan ajaib membawakan beberapa lagu dengan nuansa hip hop yang berbeda karena memang dari yang kita tahu, Japanese Hip Hop mungkin belum terlalu dikenal oleh masyarakat kebanyakan, namun lagu-lagunya sukses membuat siapa saja yang menyaksikan menggerakan kepala mengikuti alunan lagu yang dibawakan.

Aksi HAON di hari kedua tak kalah mengesankan, penyanyi Hip Hop kelahiran tahun 2000 ini benar-benar memiliki penampilan yang memukau. Kemudian berlanjut ke penampilan pH-1 yang banyak ditunggu-tunggu oleh para penonton, penyanyi yang juga di bawah naungan H1ghr Music rasanya sukses membuat penonton di rumah menggoyangkan badannya mengikuti alunan musiknya di lagu ‘ORANGE’.

Tuan Tigabelas, local syndicate yang membawakan lagu ‘Kane Abis’ dengan epic, dan di lagu ‘Faith’ Tuan Tigabelas memberikan sedikit unsur musik tradisional dengan lirik yang sangat bermakna. Kehadirannya di Asian Sound Syndicate membuat masyarakat lebih terbuka lagi dengan music Hip Hop lokal yang tak kalah dengan Hip Hop Luar.

Pada penampilan terakhir, ASS at Home mempersembahkan MINO sebagai penutup. Baru-baru ini MINO mengeluarkan album solonya yang kedua, TAKE. Namun di penampilannya ia membawakan beberapa lagu di album pertamanya, salah satunya adalah Fiance yang sukses membuat ASS hari kedua ini sangat berkesan.

Penonton juga sangat menantikan lagu tersebut dibawakan oleh sang artis, terlihat dari platform chat yang disediakan. Menariknya ASS at Home ini semua penonton menikmati konser melalui gadget dari rumah masing-masing namun suasananya sama seperti menonton secara langsung. Kemeriahan ASS at Home ini tidak kalah ‘pecah’ seperti tahun kemarin.