Angela Tanoesoedibjo, Harta Berharga Pariwisata Indonesia

Profile08 June 2021

By Adelia Ayu

Angela Tanoesoedibjo, Harta Berharga Pariwisata Indonesia

Menjabat sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif Republik Indonesia, Angela Tanoesoedibjo selalu mengedepankan masyarakat sebagai prioritas utama dalam kepemimpinannya.


Angela Herliani Tanoesoedibjo memiliki semuanya; kepribadian menarik, pikiran kreatif dan cerdas serta satu hal yang jarang ditemui di figur terkenal dewasa ini – kerendahan hati. Di perjalanan kariernya dari Editor-in-Chief HighEnd Magazine, Direktur GTV dan sekarang menjabat sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Ia selalu memberikan contoh baik dan menjadi teladan yang mementingkan kerjasama dengan melihat dirinya sebagai leader dibanding boss.

Di dalam wawancara, Angela tidak membanggakan dirinya mengapa Ia pantas menjadi Wakil Menteri, Ia lebih memilih membagikan apa yang Ia pelajari di posisi barunya dengan bijaksana. “Sektor swasta dan Pemerintahan memiliki perbedaan yang jelas. Saya banyak belajar soal aturan, regulasi dan lapisan organisasi untuk mensinergikan program dan kebijakan agar dapat berjalan lancar,” tuturnya.

Sebagai pribadi yang selalu berusaha mewujudkan apa yang ia visikan, banyak efek positif dan hasil tepat yang telah Ia buat sebagai Wakil Menteri di sektor yang terdampak oleh pandemi global COVID-19 dalam waktu kurang dari setahun. “Tahun lalu, kami memberi dana sebesar Rp. 3,3 Triliun untuk membantu sektor hospitality (hotel dan restoran), merumuskan kebijakan baru yang menggabungkan turisme dan garda depan medis, serta memberi seritifkat CHSE secara nasional untuk industri turisme yang bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan publik dan membangkitkan kembali industri ini,” tuturnya.

“Tahun ini, ada dua hal yang menjadi fokus utama kami – pemulihan cepat turisme dan menciptakan industri turisme berkualitas tinggi. Salah satunya adalah dengan merencakan percepatan travel corridor dengan sejumlah negara untuk membawa turis asing ke Indonesia dan sebaliknya,” tambahnya. “Market domestik merupakan hal penting yang harus diutamakan. Di Tahun 2019, turis dalam negeri menyumbang sebesar Rp. 307 Triliun, lebih banyak dari turis asing yang menyumbang sebesar Rp. 280 Triliun”.

Dengan segala pencapaian di atas, Wakil Menteri Angela telah melakukan pekerjaan hebat sebagai sosok baru di politik yang berhasil menunjukan kemampuannya beradaptasi dan maju di bidang yang terdampak hebat oleh pandemi. “Populasi perempuan di Indonesia lebih banyak dari laki-laki. Menurut saya, sangat penting bagi para perempuan untuk memegang posisi penting di bidang mereka masing-masing,” harap putri pertama dari pasangan Hary Tanoesoedibjo dan Liliana Tanoesoedibjo ini.

Photos ISNU DWIMARTANTO