Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Aneka Jenis Salad Populer Dari Berbagai Negara yang Wajib Anda Cicipi

Wine & Dine19 January 2022

By Clara Enocensia

Aneka Jenis Salad Populer Dari Berbagai Negara yang Wajib Anda Cicipi

Salad tak hanya dikonsumsi oleh mereka yang tengah diet atau menjalani pola makan sehat saja, namun juga sering disantap sebagai hidangan pembuka atau appetizer.


Salad adalah makanan sehat yang biasanya terdiri dari sayuran atau buah-buahan. Salad mengandung banyak serat. Makanan ini pun lantas biasa dijadikan menu diet sehat oleh kebanyakan orang.

Namun seiring berlalunya waktu, penyajian dan isian salad semakin berkembang tidak hanya sayuran dan buah saja. Salad kini bisa berisi kacang-kacangan, daging merah, daging putih, bahkan sea food. Salad juga dilengkapi dressing atau saus yang semakin beragam. Mari kenali jenis-jenis salad yang ada di berbagai negara berikut ini.

1. Larb - Laos

Salad khas Laos ini memiliki ciri khas berisi daging cincang. Daging tersebut kemudian dimasak dan dicampur bumbu saus ikan, rempah, dan perasan limau.

2. Fiambre - Guatemala

Fiambre adalah kuliner tradisional yang disajikan dingin dengan menggunakan kurang lebih 50 bahan. Biasa terdiri dari sosis, bawang merah, acar jagung, buah bit, bunga pacaya, buah zaitun, daging ayam, aneka keju dan kubis Brussel.

3. Salad kacang hitam - Mexico

Terdiri dari campuran kacang hitam, biji jagung, alpukat, tomat, dan bawang putih, salad kacang hitam tak cuma bisa disantap sebagai hidangan pembuka, namun juga kerap digunakan sebagai cocolan saus, atau dimasak sebagai isian dari tostadas, kudapan khas Meksiko yang dibalut kulit tortilla.

Rasanya sangat ringan dan menyegarkan, sehingga cocok untuk dinikmati saat musim panas tiba.

4. Shieldzini - Jepang

Jika salad pada umumnya terdiri dari banyak jenis sayuran, salad yang berasal dari Jepang ini menjadikan timun sebagai bahan utamanya. Cara membuatnya yaitu dengan mencampur timun segar, gula putih, cuka anggur, dan soy sauce.