Aminah Cendrakasih, Pemeran ‘Mak Nyak’ Meninggal Dunia di Usia 84 Tahun
Bunga Revina
22 December 2022

Aminah Cendrakasih yang dikenal sebagai ‘Mak Nyak’ dalam serial Si Doel Anak Sekolahan meninggal dunia di usia 84 Tahun pada 21 Desember 2022 kemarin.


Kabar duka datang Aminah Cendrakasih yang terkenal dengan perannya sebagai ‘Mak Nyak’ dalam serial Si Doel Anak Sekolahan yang meninggal dunia di usia 84 tahun pada Rabu, 21 Desember 2022 kemarin.

Dalam sebuah unggahan di media sosial, Rano Karno pun mengumumkan kabar tersebut sekaligus mengungkapkan ucapan belasungkawa dan doa kepada Mak Nyak. Aminah Cendrakasih sudah sejak lama dikenal sebagai aktris senior yang memiliki nama besar di perfilman Indonesia sejak era 50-an. Tidak kurang dari 101 judul film yang telah ia bintangi sejak tahun 1955 sampai dengan 1989.

Sejak ia memerani ‘Mak Nyak’ dalam serial Si Doel Anak Sekolahan, namanya pun semakin dikenal dan sangat melekat pada dirinya hingga sekarang. Dalam serial tersebut, ia berperan sebagai ibunda Doel yang terkenal penuh tawa dan kasih sayang. Aminah pun masih sempat turut membintangi film terakhir Si Doel The Movie yang diproduseri dan dibintangi Rano Karno tersebut pada tahun 2018. Berkat pengabdiannya dalam dunia film, Aminah juga sempat mendapatkan penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Nasional pada tahun 1992.