Alami Masalah Pita Suara, Judika akan Vakum Bernyanyi untuk Sementara Waktu
Dewi Anggriani Siregar
06 December 2022

Kabar kurang menyenangkan datang dari penyanyi kenamaan Indonesia, Judika. Dirinya dikabarkan mengalami masalah serius dengan suaranya.


Hal terkait kondisi kesehatannya ini ia sampaikan dalam salah satu sesi interview. Judika mengatakan bahwa dirinya mengalami kondisi yang cukup serius untuk masalah pita suaranya.

Dalam pernyataannya itu Judika mengatakan bahwa dokter menyarankan dirinya untuk berhenti bernyanyi lantaran suaranya yang telah overuse dan akan berbahaya jika terus dipaksa.

Musisi berusia 44 tahun ini juga mengatakan bahwa dirinya sudah merasa tidak nyaman jika bernyanyi dengan menggunakan nada-nada tinggi.

Suami dari Duma Riris ini juga mengungkapkan bahwa ia telah mencoba berbagai macam cara serta mengonsumsi obat-obatan herbal, termasuk jamu. Akan tetapi sepertinya kondisi kesehatan yang ia alami ini memang tidak dapat ditoleransi lagi sehingga mengharuskan dirinya untuk vocal rest beberapa waktu ke depan.

Rencananya, Judika akan mengikuti saran dokter untuk vakum dan beristirahat sementara dari bernyanyi. Selama masa itu ia telah merencanakan sebuah liburan bersama keluarga tercintanya untuk keliling Eropa dan menghabiskan malam natal di sana.