Agar Lebih Hidup, Inilah 5 Langkah Untuk Mendekorasi Bagian Tangga di Rumah Anda

Design05 October 2021

By Annisa Indah

Agar Lebih Hidup, Inilah 5 Langkah Untuk Mendekorasi Bagian Tangga di Rumah Anda

Wilayah tangga sering sekali terabaikan ketika perancangan dan dekorasi rumah. Namun pada kenyataannya, tangga salah satu bagian rumah yang paling sering digunakan dan paling sering dilihat.


Wilayah tangga umumnya tak luas, canggung, dan seringnya kekurangan cahaya. Tak ayal, tangga sering luput dari perhatian ketika menghias rumah dan membuatnya jadi nyaman. Inilah beberapa elemen dalam menghias tangga anda agar lebih hidup sesuai dengan selera dan gaya Anda

1. Memilih style ruangan secara keseluruhan
Sebelum memulai mendekorasi ruangan manapun, pastikan Anda sudah memiliki gambaran umum untuk style ruangan secara keseluruhan. Pemilihan style ini akan menentukan banyak aspek lainnya dalam hal dekorasi seperti warna, material, dan banyak lagi. Untuk rumah keluarga yang homey, contohnya, tangga dapat dibuat nyaman dengan menambahkan runner dan juga menghias dinding sekitar tangga dengan berbagai karya seni. Jika yang dicari adalah tampilan kontemporer, implementasikan tekstur yang kontras, seperti tangga kayu dengan pegangan tangga logam yang ramping.

2. Memilih palet warna
Untuk tangga dan wilayah lorong, pilihlah warna netral yang hangat seperti putih dan krem agar ruangan terasa cerah, namun tidak terlalu terang.

3. Menentukan pencahayaan
Tangga seringkali berada dalam posisi kurang cahata matahari. Oleh sebab itu perlu dipertimbangkan sejak awal dalam proses desain untuk penerangannya. Pertimbangkan lebih dari satu sumber penerangan seperti lampu overhead dan juga lampu dinding untuk keperluan yang berbeda2.

4. Menentukan alas anak tangga
Karpet dan runner merupakan pilihan yang populer untuk menambah warna dan tekstur, juga untuk melindungi tangga dari pemakaian sehari-hari. Pilihlah karpet atau runner yang tahan banting agar awet diinjak setiap hari, karena tangga adalah area lalu lintas yang paling sering dilalui di rumah. Permainan warna juga dapat dijadikan titik focus yang menarik, dan desain geometris tidak cepat terlihat kotor.

5. Tambahkan cermin
Trik lama untuk memberi kesan ruang lebih leluasa adalah dengan menggunakan cermin. Cermin memantulkan cahaya di sekitarnya dan menawarkan pemandangan ruangan alternative. Tambahkanlah cermin besar di dinding bagian atas tangga Anda, untuk memanjangkan ruang.