Share
Adinia Wirasti Sukses Perankan Istri yang Diselingkuhi Chicco Jerikho dalam Series Mendua
Listya Manopo
05 January 2023

Indonesia bergabung dalam deretan negara-negara yang membuat adaptasi dari serial Inggris Doctor Foster, dan menjadi versi kesembilan yang dirilis secara internasional. Headline dari produksi ini ini tidak lain adalah aktris terkemuka Indonesia, Adinia Wirasti.


Sejak diumumkan pada April 2022 bahwa akan ada versi lokal dari series BBC yang sukses meraih penghargaan dan review positif, Doctor Foster (sebagian besar dikenal di Indonesia melalui remake Korea-nya, The World of the Married), para penonton langsung merasa tak sabra ingin segera melihat bagaimana jadinya versi Indonesia dari drama terkenal ini. Salah satunya karena produksi ini akan menjadi opsi tontonan baru di mana premis perselingkuhan menjadi pusat perhatian, mengikuti film atau serial hit lainnya yang menyoroti masalah ini selama setahun belakangan. Produksi Indonesia ini boleh berbangga dengan ansambel pemain all-starnya; yaitu Adinia Wirasti, Chicco Jerikho, Tatjana Saphira, Widyawati, Winky Wiryawan, Melissa Karim, Dennis Adishwara, Karina Salim, Morgan Oey dan masih banyak lagi.

Berjudul ‘Mendua’ (Between Two Hearts), kolaborasi antara Disney+ Hotstar, Screenplay Films dan BBC Studios ini tentunya menawarkan sesuatu yang berbeda dari pendahulunya yang bertemakan pengkhianatan dalam rumah tangga, serta sesuatu yang berbeda pula dari versi asli Inggris dan edisi Korea-nya. Showrunner Anthony Buncio berterima kasih kepada BBC atas kebebasan yang diberikan untuk membuat proyek yang benar-benar baru, tanpa mengabaikan alur cerita asli Doctor Foster, yang akan lebih beresonansi dengan masyarakat setempat, dalam hal ini orang Indonesia. “Tujuan dibuatnya Mendua adalah menciptakan sesuatu yang seolah-olah berasal dari Indonesia, bukan dari luar negeri. Apabila ini tidak diperhatikan, tontonan ini tak akan memiliki koneksi dengan penonton."

Mendua menceritakan tentang kehidupan seorang dokter sukses dengan posisi tinggi di sebuah klinik swasta yang mengetahui bahwa suaminya telah berselingkuh dengan wanita yang lebih muda selama dua tahun terakhir. Dr. Sekar Maulana Atmajaya, tokoh utama yang diperankan dengan apik oleh Adinia Wirasti, adalah seorang wanita yang cerdas, berkelas dan anggun yang selalu berusaha sebaik mungkin untuk melakukan pekerjaannya dengan penuh kejujuran dan integritas. Dr. Sekar tampaknya memiliki semua yang diinginkan seorang wanita, keluarga yang bahagia dan karier yang sukses. Setelah ia mengetahui tentang perselingkuhan suaminya, barulah ia mulai mempertanyakan dirinya sendiri tentang apa yang benar atau salah dalam mengambil langkah selanjutnya dalam menghadapi mimpi buruk yang baru ditemukan ini.

Berperan sebagai karakter utama di series ini, Adinia membagikan ceritanya tentang saat ia didekati untuk peran ikonik ini. “Saya ingat agen saya menelepon saya dan menyuruh saya duduk sebelum beliau menyampaikan berita besar ini, bahwa mereka ingin saya membintangi Doctor Foster/The World of the Married versi Indonesia. Dan sejujurnya, tidak terpikir oleh saya seberapa besar sebenarnya semua ini sampai hari Gala Premiere tiba, ”katanya sambil tertawa ringan. “Begitu mendengar tawaran itu, saya langsung masuk ke mode aktor, artinya saya langsung mempertanyakan dan meriset ceritanya tentang apa, berdasarkan apa, sudah berapa kali diadaptasi. Pada akhirnya, ini semua tentang ini ceritanya, tentang perjalanan wanita ini yang mengetahui bahwa suaminya telah berselingkuh. Dan, apa yang terjadi setelah itu, tanggapannya, reaksinya. Semuanya.”

Mendua jelas bukan kali pertama Adinia terlibat dalam sebuah series, karena sudah berkali-kali ia melakukannya baik di kancah internasional maupun lokal. Bagaimana ia mempersiapkan diri kali ini untuk Mendua? “Kurang lebih sama dengan mempersiapkan film-film saya yang lain, hanya durasinya berbeda karena serial pastinya lebih panjang dibandingkan dengan film. Lebih banyak naskah untuk dibubuhi anotasi dan dianalisa, lebih banyak diskusi dengan sutradara saya, Prita Arianegara, dan lebih banyak pekerjaan rumah yang harus saya lakukan, seperti saat saya berbicara dengan Mbak Prita tentang latar belakang karakter Dr. Sekar, kesukaan dan ketidaksukaannya, penampilannya, biografinya , dan sebagainya."

Namun, ada hal baru yang ia alami saat menggarap Mendua, yaitu kehadiran Intimacy Coordinator di lokasi saat syuting serial tersebut. “Pasti agak asing bagi produksi Indonesia untuk memiliki Intimacy Coordinator/Director, yang merupakan pekerjaan yang cukup sulit, dengan pelatihan intensif di luar negeri. Apa yang terjadi adalah, kami mempekerjakan seorang profesional yang bukan bagian dari hierarki produksi ini, untuk mengadvokasi ruang yang aman dan nyaman bagi para aktor dan kru tanpa ada relasi kuasa di dalamnya. Ia adalah orang luar yang netral yang memastikan kami berada di ruang yang 'oke' atau dalam pola pikir yang sangat baik sebelum syuting adegan kami, terutama adegan intim. Jika kami tidak sanggup melakukannya, tidak apa-apa. Sebenarnya, ini seperti memiliki terapis di lokasi syuting, ”simpul Adinia bercanda.

Mendua saat ini sedang streaming di Disney+ Hostar dengan episode-episode baru yang dirilis setiap hari Sabtu.