Share
7 Koleksi Burberry, Debut Daniel Lee Paling Menarik Perhatian di London Fashion Week 2023
Farah Meilinda Putri
01 March 2023

Burberry, brand fashion mewah Inggris kembali meluncurkan koleksi terbarunya dalam pertunjukan catwalk pertamanya di bawah direktur kreatif baru, Daniel Lee di London Fashion Week pada Senin (20/2) di Kennington Park, London.


Daniel Lee memulai debutnya sebagai Chief Creative Officer rumah mode Burberry dengan meluncurkan berbagai karya yang sangat unik. Tidak hanya itu, desainer Daniel Lee juga mempersiapkan sesuatu yang berbeda, seperti menyajikan botol air panas tahan cuaca yang suram dan selimut tebal di setiap kursi. Hot toddies juga disajikan untuk para tamu sebelum pertunjukan.

Acara yang sangat ditunggu-tunggu dari Burberry ini menampilkan sejumlah bakat lokal seperti Skepta, Raheem Sterling, Shygirl, dan Liberty Ross. Lee mengatakan kepada pers di belakang panggung bahwa dia ingin “merayakan apa yang hebat tentang negara ini, yaitu jalanan penuh dengan orang-orang dari semua lapisan masyarakat. Ada musik yang bagus di sini, theater yang bagus, seni yang bagus. Saya ingin menyoroti hal-hal itu dan menunjukkan sisi positif Inggris kepada dunia.”

“Apa yang unik tentang London dan mengapa saya sangat senang bisa kembali ke sini adalah saya sangat terinspirasi sepanjang waktu. Saat Anda menyusuri jalanan. Anda melihat orang-orang dari berbagai lapisan masyarakat hidup bersama dan itu adalah sesuatu yang saya lewatkan.”

Dalam debut pertamanya Lee memilih warna kuning mustard Inggris, merah, ungu tua, dan Yves Klein Blue membentuk palet warna dasar untuk koleksi yang menampilkan jaket bomber dan kilt terinspirasi tartan yang ditata di atas celana panjang. Pertunjukan ini adalah kejutan pertamanya dan orang bisa membayangkan mendiang Vivienne Westwood, yang didedikasikan untuk London Fashion Week, akan memberikan acungan jempol untuk pertunjukan itu.

Lee menggunakan desain-desain klasik yang memiliki ciri khas Burberry untuk diaplikasikan pada busana kontemporer kreasinya, mulai dari logo barunya ksatria berkuda, motif check, hingga trench coat gabardine.

Rancangan tersebut terlihat lebih segar ketika dipadukan dengan warna yang colorful dan trendi, yang berpadu ragam tekstur, ornamen dimensional, serta motif baru yang dipopulerkan. Berikut rancangan desain mode yang menarik dipersembahkan Daniel Lee untuk Burberry melalui koleksi debutnya Fall Winter 2023.

Trench Coat

Trench coat merupakan salah satu produk iconic dari Burberry. Daniel Lee mengubah mode karya klasik ini dengan sentuhan yang modern. Kini rancangan yang dibuat menjadi terlihat fresh dalam nuansa youthful diterapkan pada mode coat mereka, seperti ukuran oversize dengan kerah faux fur hijau yang memberikan statement pada coat hitam.

Asimetris and Equestrian Knight Blue Dress

Equestrian Knight yang erat terasosiasi label asal Inggris diangkat kembali oleh mantan desainer Bottega Veneta tersebut. Logo yang pertama disingkap tahun 1901 eksis di tahun 2023 dalam balutan shade cobalt blue. Rona mencolok sang ksatria berkuda didapuk sebagai ikon yang dijumpai pada dress putih asimetris dengan hiasan tassels pada ujung hem. Sementara warna biru serupa tertuang pada motif check pada busana lain serta blanket coat.

Duck & Rose Prints

Selain motif check klasik, rancangan busana yang dibuat Daniel Lee juga mengadopsi motif anyar yang dibawa sebagai identitas baru dari Burberry. Lee sengaja mengangkat sisi witty melalui cetakan bebek yang tampak pada banyak karyanya, seperti yang terlihat pada setelan kemeja oversize dan rok midi berikut di mana susunan bebek hijau menghiasi permukaan.

Sementara motif rose diaplikasikan pada graphic shirt, sweater, hingga tercetak sepenuhnya pada setelan warna ungu.


Utilitarian

Mode Utilitarian telah menjadi hal trendi yang biasa ditemukan sebagai street style dewasa ini. Konsep tersebut diterapkan Lee pada sejumlah rancangannya, seperti busana yang ditampilkan dalam London Fashion week ini. Jaket berwarna ungu yang dilengkapi beberapa kantong menyerupai outfit hiking, tapi masih tampak chic berkat padanan pleated skirt matching. Terlepas dari pakaian, sejumlah boots karet juga dilengkapi look.

Faux-Fur Coat

Faux-fur coat telah menjadi ikonis dari koleksi Burberry Fall Winter 2023 yang membuat menarik perhatian tamu undangan. Mode faux-fur dalam ukuran oversize ini tersedia dalam varian warna hitam dan wine mungkin sudah biasa. Namun tema binatang tak Cuma terlihat pada motif, tetapi juga sematan ornament serupa bulu ayam yang memberikan dimensi pada statement coat eksentrik. Aksen bulu tersebut juga ditemukan menghiasi sweater hitam.

Witty Accessories

Pada mode witty accessories ini memberikan elemen humor yang bertemakan binatang diselipkan pada kreasi motif anyar ini. Tak terbatas pada motif bebek pada busana, tapi aksesori yang menyertainya. Sebut saja topi ushanka yang berukuran ekstra besar, tas kulit dengan ekor faux-fur, atau topi rajut berbentuk bebek dengan tali orange menggantung sebagai kakinya.

Functional Mode

Melihat deretan rancangan busana Burberry Fall Winter 2023 yang wearable, Daniel Lee bermaksud menciptakan busana fungsional. Misalnya seperti kreasi utilitarian yang terdapat di antara 55 looks yang mengisi Fall Winter 2023. Melalui koleksi ini pula, Lee yang rancangannya popular di kalangan muda ingin mengelevasi eksistensi Burberry pada generasi tersebut. Desain pun bersandar pada streetwear, dibutuhkan identitas brand dengan sentuhan witty dan youthful terepresentasi melalui warna dan motif.