6 Rekomendasi Film Adaptasi Musikal Broadway Paling Hits
Listya Manopo
01 October 2021

Penikmat musikal akan bersenang hati apabila mengetahui mereka tak perlu datang jauh ke New York untuk menonton pertunjukkan Broadway, sebab sejak tahun kemarin sudah banyak musikal Broadway yang dibuat film layar lebar.


Memang sejak awal pandemi COVID-19 diumumkan secara resmi oleh WHO, pusat dari performing arts di seluruh dunia, yaitu daerah Broadway, New York, memutuskan untuk menutup teater-teater mereka dan tidak menampilkan pertunjukkan dalam kurun waktu yang tak dapat ditentukan.

Setelah 18 bulan kemudian, di bulan September 2021 kemarin, barulah teater-teater Broadway kembali membuka pintu mereka untuk menyambut para penonton. Namun, di sela-sela waktu tersebut, ada beberapa musikal terkenal yang dibuat versi filmnya, yang kebanyakan dirilis di platform streaming, baik itu direkam secara langsung di panggung aslinya, ataupun di luar panggung menjadi seperti sebuah film pada umumnya.

Simak rekomendasi film-film musikal Broadway terbaik yang telah dirilis mulai tahun 2020 kemarin sampai dengan baru-baru ini.

1. Hamilton

Apabila musikal Hamilton diandaikan sebagai seorang anak, ia pastilah seorang anak yang sangat jenius yang prestasinya melesat jauh meninggalkan teman-temannya. Musikal yang dibesut oleh Lin Manuel Miranda ini menceritakan perjuangan salah satu tokoh pendiri Amerika Serikat, Alexander Hamilton, dengan nuansa rap dan hip hop. Hamilton berhasil memenangkan 11 Tony Awards dan selalu sold out pada tiap pertunjukannya. Maka itu, para penggemar sangat bergembira ketika versi film dari Hamilton ini dirilis di Disney+ pada tahun 2020 kemarin.

2. In the Heights

Masih hasil karya sang jenius Lin Manuel Miranda, In the Heights versi film baru saja dirilis di bulan Agustus 2021 kemarin. Musikal peraih 4 piala Tony Awards ini bercerita tentang kehidupan komunitas Latin di daerah Washington Heights, New York, sesuai dengan latar belakang Lin Manuel sendiri. Warga di sana memang bukan berasal dari kalangan berada, namun mereka bersama-sama menikmati hidup sekaligus berjuang untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

3. Dear Evan Hansen

Dear Evan Hansen juga merupakan jawara Tony Awards 2017 dengan total peraihan piala sebanyak 6 buah. Filmnya dibintangi oleh bintang yang sama yang memerankan Evan Hansen di pertunjukan original Broadwaynya, yaitu Ben Platt, dan juga aktris kawakan Julianne Moore sebagai ibu dari Evan. Evan Hansen adalah seorang remaja yang sedang mencari jati dirinya, dicetus dari peristiwa tragis di mana teman sekelasnya tewas bunuh diri.

4. Come from Away

Come from Away adalah salah satu musikal yang menceritakan efek lanjutan dari peristiwa 9/11, yaitu bagaimana komunitas warga di kota kecil Gander, Kanada, menjamu dan memberikan tempat tinggal sementara bagi para penumpang dari 38 pesawat jet besar yang terdampar di kota tersebut, sebagai akibat dari larangan terbang sementara akibat 9/11. Banyak kisah manis tergambarkan di sini, di mana ada yang bertemu dengan jodoh, mendapatkan keluarga baru, maupun teman setia.

5. Cinderella

Kisah klasik Cinderella kembali dibuat ulang versi filmnya di tahun 2021 ini, yang dibintangi oleh Camila Cabello sebagai Cinderella dan juga Billy Porter sebagai Peri yang memiliki karakter lain daripada yang lainnya. Salah satu ratu di dunia Broadway, Idina Menzel, yang bermain menjadi Elsa di Frozen, juga tampil di film ini. Tak seperti film-film Cinderella terdahulu, versi 2021 terasa lebih menyatu dengan jaman modern dan juga diselipi banyak adegan komedi.

6. West Side Story

Musikal legendaris West Side Story yang liriknya ditulis oleh Stephen Sondheim akan dirilis versi filmnya di bulan Desember 2021 mendatang, kali ini digarap oleh sutradara terkenal Steven Spielberg. Menceritakan kisah dua muda mudi ala Romeo & Juliet di daerah Upper West Side, kota New York, pada era tahun 50-an, merupakan salah satu pencetus gaya modern dalam pertunjukan Broadway melalui musiknya yang indah, makna cerita yang dalam, dan juga permasalahan sosial yang diangkat.