5 Tujuan Wisata Ski Terbaik Dunia, Mulai dari Prancis Hingga Jepang

Travel14 January 2020

By Annisa Laksmintari

5 Tujuan Wisata Ski Terbaik Dunia, Mulai dari Prancis Hingga Jepang

Belum terlambat untuk menikmati salah satu aktivitas paling populer di musim dingin: ski. Berikut adalah pilihan wisata ski terbaik di dunia yang patut Anda coba bersama orang-orang terkasih.


Nelson, Kanada

Nelson terletak di Pegunungan Selkirk yang berbatu di British Columbia bagian tenggara. Untuk olahraga musim dingin yang ekstrem, Whitewater Ski Resort dapat dicapai dengan berkendara singkat, menawarkan lebih dari 623 meter steeps, deeps, chutes, dan bowls. Selain itu, Anda dapat menikmati serangkaian jalur lintas negara yang populer, naik kereta luncur, mobil salju, curling, skating, tobogganing, dan cat ski (sebuah olahraga di mana pemain ski atau snowboarder naik gunung di sebuah resor ski dengan mesin sebelum meluncur turun ke medan bersalju yang tak tersentuh).



Dijuluki sebagai Ibukota Cat Ski dunia, Nelson sangat terkenal karena bubuk salju yang dalam, medan pedalaman yang luar biasa, dan banyak perusahaan cat ski. Para pelancong yang mencari waktu senggang dapat turun ke taman bermain rekreasi kelas dunia dalam suasana alami di tepi Danau Kootenay, menjelajahi beberapa dari 350 bangunan bersejarah yang tersebar di sekitar kota, atau berjalan-jalan menyusuri Jalan Baker yang bersejarah.

Niseko, Jepang

Terletak di kaki gunung berapi aktif Gunung Yotei, kota ini terkenal karena pemandangannya yang tak tertandingi dan salju yang luar biasa. Kadar air 8% di hamparan saljunya menghasilkan salju bubuk dan salju yang sangat ringan dan kering; sempurna untuk bermain ski. Para pemain ski dan snowboard akan senang dengan berbagai jalur ski yang membentang lebih dari 48km; mencakup lintasan terbuka, area berpanel, lereng di dalam dan di luar landasan, dan belum lagi petualangan medan pedalaman.



Resor ski Niseko semuanya terletak di Gunung Niseko-Annupuri, dengan tiga resor utama berkumpul di bagian atas gunung, dan dihubungkan bus antar-jemput. Grand Hirafu adalah resoir terbesar dengan Hirafu Town di dasarnya, lokasi paling nyaman bagi pemain ski. Nikmati kegiatan setelah ski seperti berendam di onsen atau menggigit sashimi segar, kaki kepiting salju, dan tiram Akkeshi yang manis, ditemani dengan segelas wiski single-malt Hokkaido.

Sölden, Austria

Terselip di lembah Ötztal Austria, pengalaman ski Anda di Sölden berada di ketinggian 31 lift dan dilengkapi gondola bertenaga tinggi yang dapat mengangkut hingga 67.000 orang per jam. Daerah ini memiliki lereng sepanjang 144 kilometer, 33 gubuk di dalam area ski, 2 area ski gletser, dan 3 gunung setinggi lebih dari 3.000 meter yang dapat diakses di area ski. Pemain ski yang ahli dapat menantang diri mereka sendiri di gletser Rettenbach, sementara pemain pemula dan pemain ski muda dapat mengatasi lereng yang lebih lembut dari gletser Tiefenbach.



Lereng salju ini merupakan lokasi syuting film James Bond keluaran 2015, Spectre. Ruang pameran bertajuk '007 ELEMENTS' telah didirikan di gedung seluas 1.300m persegi yang spektakuler di dalam gunung, menampilkan kisah pembuatan film Bond di lokasi. Untuk menikmati pemandangan pegunungan Alpen, kunjungi titik-titik pengamatan di puncak Gaislachkogl, Tiefenbachkogl, dan Schwarze Schneid. Sölden juga rumah bagi banyak restoran, pondok, dan bar yang mendukung kehidupan malamnya yang liar, sehingga mendapat julukan "Ibiza dari Pegunungan Alpen".

Megève, Prancis

Untuk liburan mewah seperti dongeng yang jauh dari keramaian, kunjungi Megève, sebuah desa abad pertengahan yang terletak di tenggara Prancis, dekat perbatasan Italia dan Swiss. Dipuji sebagai tujuan ski populer bagi kelas borjuis sejak tahun 1920-an hingga saat ini, Megève masih mempertahankan pesona kunonya yang klasik, meskipun telah memiliki bandara sendiri dan memiliki hotel bintang 5 serta vila mewah.



Desa ini menjadi tuan rumah tiga resor ski terbaik di negara ini — Rochebrune, Mont d'Arbois, dan Le Jaillet, dengan pemandangan Mont Blanc yang menakjubkan. Kota ini memiliki sejumlah restoran untuk tujuan liburan dan dari 89 di antaranya, 3 adalah restoran berbintang Michelin; Flocons de Sel, Le 1920 dan La Table de l'Alpaga. Di lereng, jelajahi pesona pusat kota abad pertengahannya.

Riksgransen, Swedia

Pada awal 1900-an, volume salju di Riksgränsen tidak memungkinkan untuk ditinggali sehingga semua orang dimobilisasi keluar dari desa. Saat ini, Riksgränsen menjadi aset justru karena volume saljun yang membuatnya menjadi tujuan ski terkemuka di seluruh Swedia. Untuk mencapai daerah itu, 200 kilometer ke utara dari Lingkaran Arktik, Anda perlu mengambil jalur udara selama empat jam dari Stockholm ke Kiruna, dilanjutkan dengan perjalanan darat selama dua jam.



Penggemar olahraga musim dingin akan menemukan surga bersalju Swedia Lapland, lengkap dengan enam lift, 29 lintasan, dan trek pedalaman dengan 60 puncak lebih dari 1.200 meter dan 1 juta hektar area ski heli. Yang mengherankan, pengalaman bermain ski paling mendebarkan di Riksgränsen tidak akan terjadi pada bulan-bulan musim dingin, tetapi pada bulan Mei, ketika Anda dapat bermain ski di bawah matahari tengah malam. Pada bulan yang sama, Kejuaraan Scandinavian Big Mountain diadakan setiap tahun di landasan Nordalsfjäll.


Photos PIXABAY, UNSPLASH