Share
5 Tradisi Unik Perayaan Valentine di Dunia yang Tidak Dirayakan di 14 Februari
Farah Meilinda Putri
15 February 2023

Valentine yang dikenal sebagai hari kasih sayang biasanya dirayakan pada 14 Februari setiap tahunnya. Namun di beberapa negara ini, mereka merayakan valentine secara unik di waktu dan tanggal yang berbeda.


Seperti yang kita ketahui bahwa perayaan hari Valentine identik dengan memberi kado romantis, termasuk bunga dan coklat. Meski demikian, ternyata ada banyak tradisi unik lain dari perayaan Valentine yang tak hanya dengan berbagi coklat dan bunga, namun ada beragam tradisi unik tersendiri dari berbagai Negara di dunia dalam merayakan hari kasih sayang, Valentine Day’s. Beberapa dari mereka bahkan merayakannya tidak di tanggal 14 Februari. Berikut di antaranya:

Rumania, Perayaan Valentine yang Tidak Biasa

Orang Rumania merayakan hari Valentine diperingati pada 24 Februari sebagai hari di mana pasangan muda bertunangan. Hal ini pada dasarnya adalah perpaduan antara Hari Valentine dan Perayaan Musim Semi. Laki-laki dan perempuan muda pergi ke hutan untuk memetik bunga berwarna-warni, sementara pasangan lainnya membasuh muka dengan salju sebagai tanda keberuntungan.

Republik Ceko, Pasangan Muda Berziarah ke Patung

Di Republik Ceko, Hari Valentine menjadi sangat popular di kalangan anak muda. Festival ini dirayakan pada 1 Mei di negara tersebut. Pada hari itu, pasangan muda berziarah ke patung penyair Karol Hynek Macha, dan berciuman di bawah pohon sakura sebagai tanda keberuntungan.

Cina Barat Daya, Festival Sisters Meal

Di Miao, Cina Barat Daya, Festival “Sisters Meal” dirayakan pada 15 Maret. Selama festival, seorang wanita Miao akan mengenakan aksesoris perak dan gaun indah, yang mungkin merupakan kebiasaan Hari Valentine terindah di seluruh dunia. Mereka memasak berbagai hidangan nasi berwarna yang dipersembahkan di atas kain sutra kepada para pemuda yang berjalan di jalan. Nasib wanita cantik ditentukan pada benda yang ditemukan di dalam nasi pilihan sang lelaki. Dua sumpit berarti cinta dan satu siung bawang putih berarti cinta sudah berakhir bahkan sebelum dimulai.

Wales, San Dwynwen Day’s

Di Wales, Hari Valentine dirayakan dengan cara yang paling unik. Negara ini merayakan kasih sayang pada 25 Januari, yang disebut “San Dwynwen Day’s”. Pada hari itu, sepasang kekasih saling bertukar sendok kayu yang unik dengan buatan tangan yang indah. Tradisi ini dipraktikkan sejak abad ke-16.

Argentina, Selama Seminggu Yang Manis

Orang Argentina tidak merayakan Hari Valentine di bulan Februari, tetapi mereka menyisihkan satu minggu penuh selama bulan Juli. Pada hari itu adalah hari ketika sepasang kekasih saling berciuman dan menerima coklat dan permen lainnya.