5 Street Food Turki yang Wajib Dicoba Ketika Anda Berkunjung ke Istanbul
Novita Angelina
09 April 2022

Istanbul terkenal sebagai surga bagi para pecinta makanan jalanan atau street food. Di Istanbul, Anda akan mudah menemukan beragam street food yang lezat.


Jenis street food di Istanbul beragam dan lezat yang dibuat dengan bahan-bahan segar. Anda akan banyak menemukan gerobak, penjaja, stan di sudut jalan, pedagang kaki lima, atau restoran di seluruh kota yang menjual aneka street food ini. Jika selama ini Anda hanya mengenal döner kebab sebagai makanan jalanan khas Turki, Anda dapat mencoba beberapa pilihan street food lainnya.

Simit, Acma, dan Catal

Simit adalah roti bundar dengan taburan biji wijen di atasnya atau biasa dikenal dengan bagel Turki. Sama seperti simit, Catal dan acma juga merupakan jenis pastry yang bisa Anda nikmati. Catal cenderung lebih kering dan rapuh, sedangkan acma lebih lembut dengan tekstur lebih mirip dengan croissant. Umumnya, Anda biasa menemukan makanan ini di pagi hari yang tersedia di toko roti atau gerobak penjual.

Bal?k Ekmek

Makanan ini menjadi salah satu street food terbaik di Turki. Terdiri dari roti sandwich panjang yang berisi ikan makarel bakar, selada segar, dan bawang. Anda juga dapat menambahkan perasan lemon untuk mengurangi rasa amis dari ikan. Anda juga dapat membeli jus pickle atau lobak yang biasanya diminum masyarakat lokal ketika menyantap sandwich ini.

Kestane Kebab

Walaupun terlihat sederhana, namun jajanan ini termasuk makanan sehat. Makanan ini hanya berupa kacang kastanye atau chestnut yang dipanggang dengan kulitnya. Anda akan dapat dengan mudah menemukan gerobak penjual makanan ini, terutama di musim gugur dan musim dingin karena makanan ini dapat mengenyangkan sekaligus menghangatkan badan.

Islak Burger

Burger kukus cukup berbeda dari roti kukus pada umumnya. Roti ini berisikan patty daging sapi dan yang dibumbui dengan saus bawang putih dan tomat. Semakin lama dikukus, rotinya akan semakin enak. Anda akan dapat menemukan banyak toko yang menjual ‘burger basah’ ini di sekitar alun-alun Taksim.

Dürüm

Orang Turki biasanya menyukai semua jenis wrap. Oleh karena itu, tidak heran banyak terdapat jenis dürüm berbeda yang dapat Anda temukan di Istanbul. Dua yang paling populer adalah Adana dürüm dan Urfa dürüm. Dua jajanan pinggir jalan ini umumnya diisi dengan daging sapi atau daging domba cincang yang dicampur dengan lemak ekor domba yang dimasak di atas panggangan arang. Makanan ini dibungkus dengan roti lavash dan ditambahkan tomat, bawang, selada, dan peterseli.