5 Manfaat yang Tidak Anda Ketahui dari Diet Plant-based

Wine & Dine29 May 2020

By Larasati Oetomo

5 Manfaat yang Tidak Anda Ketahui dari Diet Plant-based

Selain lebih ramah lingkungan dan mengurangi emisi gas rumah kaca, diet plant-based atau diet nondaging memberi manfaat baik lain yang tak terduga.


Menjadi vegan/vegetarian/pescetarian merupakan keputusan yang harus dipikirkan dengan baik-baik dan membutuhkan komitmen. Artinya, Anda harus siap menahan nafsu untuk mengkonsumsi produk hewani sepanjang hidup Anda. Selain itu, diet sejenis akan memberikan keuntungan yang tidak terpikirkan sebelumnya. Sebagai seseorang yang telah berhenti mengonsumsi daging sejak 11 tahun lalu, berikut 5 manfaat yang tak banyak diketahui namun nyata dirasakan oleh Digital Editor HighEnd:

Kulit bersih dan bebas jerawat

Secara garis besar, Anda akan lebih sering mengkonsumsi makanan segar seperti buah-buahan dan sayuran. Jenis diet seperti ini cenderung tinggi serat dan rendah lemak jahat yang akan membantu meningkatkan produksi insulin dan glukagon, dua hormon yang mengontrol metabolisme gula yang menyebabkan munculnya jerawat. Untuk mendapatkan wajah bebas jerawat, mengikuti gaya hidup vegan bisa menjadi ide yang baik.

Lebih hemat

Seperti yang diketahui, sayuran cenderung memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan daging, selama Anda pintar memilih sayuran dan buah. Selain itu, Anda juga dapat mengurangi anggaran untuk jajanan pesan antar sebab Anda kini memiliki pilihan jajanan yang terbatas. Apabila sebelumnya Anda lebih suka membeli makanan jadi, Anda akan mulai lebih sering membeli bahan-bahan makanan mentah dan mengolahnya sendiri sebab Anda lebih yakin akan kandungan nutrisinya. Manfaatnya? Tentu saja lebih hemat.

Melek nutrisi

Apakah sebelumnya Anda membeli atau memakan menu apapun tanpa memerhatikan kandungan nutrisi dan daftar bahan bakunya? Sebagai vegan, Anda akan menyadari bahwa kebiasaan mengecek ulang nutrisi dan bahan makanan sangat bermanfaat bagi Anda dan orang-orang di rumah. Setelah Anda terbiasa dengan “ilmu gizi” ini, Anda bisa menjadi ahli nutrisi diri Anda sendiri. Hal ini penting sebab diet nondaging cenderung defisit berbagai jenis nutrisi seperti vitamin B kompleks, zat besi, dan omega-3 yang perlu Anda ganti dengan sumber lain.

Sistem imun optimal

Sebagian dari kita mungkin meragukan para vegan untuk membangun sistem imun kukuh tanpa nutrisi selengkap diet omnivora. Kita perlu mengetahui bahwa salah satu faktor paling penting dari sistem imun adalah keseimbangan ekosistem mikrobiota di lambung. Riset dari Zhang, et al. (2018) menunjukkan bahwa diet vegetarian jangka panjang dapat menjaga keseimbangan ekosistem ini dan kapasitasnya dalam mencegah pembengkakan jaringan tubuh. Percayalah, setelah beberapa tahun, Anda akan mulai menyadari bahwa Anda semakin jarang jatuh sakit.

Melatih kontrol diri

Untuk mampu menjaga nafsu memakan daging seumur hidup pastinya membutuhkan komitmen yang besar. Menjadi vegan akan membantu membentuk diri menjadi seorang yang penuh kontrol diri. Selain menjaga diri untuk tidak makan daging, hal ini bisa diaplikasikan ke hal yang lebih besar yang membutuhkan pengabdian dan dedikasi.

FOTO shape.com, braun.com, thelendersnetwork.com, leaderbuild.org