Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

5 Makanan Indonesia Ini Ternyata Sangat Disukai oleh Turis Luar Negeri

Wine & Dine21 October 2021

By Rambu Moara

5 Makanan Indonesia Ini Ternyata Sangat Disukai oleh Turis Luar Negeri

Makanan Indonesia dengan rasa gurih dan pedas yang khas selalu menarik perhatian mancanegara, bahkan selebritas.


Negara manapun memiliki makanan tradisional yang khas. Cita rasa makanan tradisional tersebut dapat menggambarkan identitas negaranya. Sama halnya dengan Indonesia yang terkenal akan cita rasa makanan yang gurih dan pedas, menarik perhatian turis mancanegara untuk mencicipinya.

Bahkan dalam beberapa kesempatan, bintang ternama seperti Cardi B mengunggah Instagram Story berisi makanan Indonesia yang Ia cicipi seperti bihun goreng, lumpia, bahkan nasi kebuli. Ia memuji masakan Indonesia karena rasa yang unik. Berikut adalah makanan Indonesia favorit mancanegara.

Nasi Uduk

Turis luar negeri khususnya yang berasal dari Eropa dan Amerika tidak mengkonsumsi nasi seperti orang Asia. Tetapi nasi uduk adalah salah satu makanan Indonesia yang bisa mereka konsumsi karena nasi yang pulen dan beraroma serta lauk yang ringan seperti orek telur, tempe dan tahu goreng serta sambal merah pedas. Selain itu, nasi goreng juga menjadi favorit turis saat melancong ke Indonesia.

Rawon

Berikutnya ada makanan khas Jawa timur yaitu rawon. Yang unik dari rawon adalah warnanya yang khas, hitam, karena menggunakan kluwek dan disajikan dengan tauge pendek atau telur asin. Rasa yang ditawarkan juga tidak main-main sehingga membuat turis dengan mudah menyukai makanan ini.

Rendang

Anda pun pasti tidak asing lagi dengan rendang, lauk utama dalam nasi padang. Rendang menjadi makanan terfavorit karena memiliki tekstur lembut dan rasa gurih dari santan kelapa. Rendang bisa menjadi lembut karena dimasak hingga santan dan bumbu lain meresap dan menghasilkan tekstur yang kering namun juicy.

Sate Kambing

Sate menjadi makanan populer di kalangan turis karena bentuknya yang unik, dipotong kecil-kecil dan disusun di tusukan lidi lalu dipanggang di arang. Proses ini memberikan cita rasa dan aroma asap pada daging kambing. Jika dibalut dengan bumbu kacang yang pedas manis membuat atau kecap, rasa sate akan semakin gurih.

Gado-gado

Makanan terakhir yang menurut turis unik adalah gado-gado. Pada dasarnya gado-gado digolongkan sebagai salad karena mencampurkan beberapa jenis sayuran. Yang menjadi unik dan berbeda dari jenis salad luar negeri adalah saus yang digunakan terbuat dari kacang dan gula merah bersama bumbu-bumbu lain. Meski memiliki rasa gurih dan berbeda dari salad sayur di luar negeri, gado-gado tetap disukai turis.