5 Lagu Terbaik John Mayer, Sang Birthday Boy dari Connecticut

Art & Culture16 October 2020

By Adelia Ayu

5 Lagu Terbaik John Mayer, Sang Birthday Boy dari Connecticut

Merilis sejumlah lagi easy listening terbaik dari masa ke masa, berikut HighEnd hadirkan pilihan lagu terbaik dari John Mayer, sang birthday boy hari ini.


Berkarier di dunia musik selama 20 tahun, John Mayer berhasil mencetak hits easy listening yang membawanya meraih Grammy Awards dan mencetak rekor di Billboard sebagai peraih Top Rock Album terbanyak. Penyanyi asal Connecticut, Amerika Serikat ini berhasil membawa nafas baru bagi genre pop-rock.

Melalui lagu yang terkesan jujur, penuh analogi dan nostalgia, Mayer berhasil menyelipkan analogi kehidupan – mulai dari asmara, hubungan keluarga hingga sosial politik dalam tone ringan di setiap lagunya. Berzodiak Libra, penyanyi tampan ini memiliki sifat humanis, cinta damai dan bijaksana.

Berikut sejumlah lagu terbaik milik penyanyi yang mengadakan konser di Jakarta pada tahun 2019 lalu:

1. Clarity (Heavier Things, 2003)

Menjadi hits top di pertengahan 2000, Clarity menampilkan instrumen horns, drums dan piano yang dimainkan oleh legenda musik Questlove dan peraih Grammy, mendiang Roy Hargrove. Bagian yang membuat kita familiar dengan lagu ini adalah pengucapan berulang kata “oooh” sebelum bagian chorus.

2. Daughters (Heavier Things, 2003)

Masih dari album Heavier Things, lagu yang menyiratkan tentang hubungan keluarga dari sudut pandang seorang perempuan ini berhasil meraih penghargaan lagu terbaik Grammy di tahun 2005. Dengan petikan guitar bernada folk dan irama perkusi ringan, lagu ini cocok menemani saat bersantai dan istirahat Anda.

3. Your Body is a Wonderland (Room for Squares, 2001)

Melalui single ini, Mayer berhasil meraih posisi top di chart Billboard Top 100 untuk kedua kalinya di awal karirnya. Mengangkat tema cinta dengan lirik yang jenius dan romantis, ia berhasil membuktikan bahwa lagu cinta yang dinamis tidak selalu dibawakan dengan nada upbeat.

4. Waiting on The World To Change (Continuum, 2006)

Apabila tema hidup dan asmara dapat diolah secara ringan oleh Mayer, begitu pula dengan tema sosial politik. Melalui lagu ini, Ia menyampaikan keluh kesah akan sistem sosial dan harapan bagi masa depan dunia yang lebih baik. Berbeda dengan gaya bernyayi santai yang biasa dibawakannya, kali ini vokal Mater terkesan tergesa-gesa, mewakili keresahannya dalam melihat berbagai problem sosial.

5. New Light (New Light, 2018)

Single bernada funky ini menandakan era baru Mayer dalam bermusik. Lebih bernuansa pop dibanding sejumlah single sebelumnya, Mayer menceritakan seorang pria yang jatuh cinta terhadap seseorang, dan rela memberikan apa saja meskipun terjebak dalam friendzone. Disertai video klip yang unik, lagu bernada ringan ini tetap menampilkan ciri khas Mayer di dalamnya melalui solo gitar.

Happy birthday, John Mayer!