Share
5 Kuliner Lezat Khas Arab Saudi yang Wajib untuk Dicoba
Dewi Anggriani Siregar
23 February 2023

Memiliki ciri khas dari segi rempah dan bumbu, Arab Saudi memiliki banyak makanan khas yang siap memanjakan lidah Anda.


Sebagai salah satu negara eksportir minyak bumi terbesar di dunia, Arab Saudi menyimpan begitu banyak kekayaan alam dan menjadi salah satu negara terluas di Jazirah Arab. Tidak hanya itu, Arab ternyata memiliki segudang kuliner lezat yang menggugah selera dan bikin ketagihan.

Terkenal dengan cita rasa khas masakannya dengan bumbu dan rempah yang kuat, tidak heran jika beberapa hidangan lezat khas Arab Saudi di bawah ini menjadi makanan yang wajib Anda coba apabila berkunjung ke Negeri Minyak ini.

Falafel

Makanan khas Arab ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan perkedel, bedanya, falafel yang terbuat dari daging giling ini biasanya disantap dengan salad, acar, saus atau roti pita. Konon, falafel juga memiliki latar belakang sejarah yang panjang.

Muttabaq

Muttabaq merupakan roti khas Arab Saudi yang berisi daging cincang, telur, dan daun bawang. Sekilas tampak seperti martabak, muttabaq memiliki tekstur luar yang sangat lezat dan renyah. Makanan ini dapat disajikan dengan cara digoreng atau dipanggang.

Malabari Paratha

Di Indonesia, makanan khas Arab yang satu ini biasa disebut roti canai, roti maryam, atau roti prata. Proses pembuatan yang dipanggang bersama minyak membuat makanan ini memiliki tekstur yang sedikit garing, lembut dan berbentuk pipih. Roti ini biasanya dihidangkan bersama dengan kari kambing atau domba.

Shaksuka

Hidangan selanjutnya dari Saudi Arabia adalah Shaksuka. Makanan yang terbuat dati telur ini memiliki bentuk yang serupa dengan omelet. Shaksuka dimasak bersama saus tomat serta rempah2 khas dan dihidangkan bersama roti pita.

Aseeda

Kudapan yang satu ini sangat cocok untuk menjadi hidangan penutup yang sempurna. Terbuat dari adonan tepung terigu, aseeda memiliki tekstur yang kenyal dan lembut.