5 Kopi Nusantara yang Mampu Bersaing Dengan Kopi Luar Negeri

Wine & Dine12 August 2021

By Rambu Moara

5 Kopi Nusantara yang Mampu Bersaing Dengan Kopi Luar Negeri

Setiap daerah di Indonesia memiliki cita rasa kopi yang berbeda. Beberapa kopi berikut berhasil menarik perhatian orang luar negeri karena rasanya yang unik dan khas.


Berada di wilayah beriklim tropis menjadikan Indonesia memiliki tanah yang subur. Dengan tanah ini, Indonesia dapat menghasilkan beragam jenis komoditas tanaman, salah satunya yaitu kopi. Hal ini yang menjadikan Indonesia berada di dalam peringkat lima besar sebagai penghasil kopi terbesar di dunia.

Meski memiliki tanah yang subur, kopi yang dihasilkan dari setiap daerah di Indonesia tidak dapat disamakan rasanya, karena setiap daerah memiliki ciri khas rasa kopinya sendiri. Berikut adalah lima jenis kopi nusantara yang telah HighEnd rampung untuk Anda.

1. Kopi Sumatra

Di Sumatera, banyak terdapat variasi kopi yang tumbuh di setiap daerahnya. Salah satu jenis kopi arabika yang terkenal adalah kopi gayo dari Aceh. Mengenai rasa, kopi ini berbeda dari jenis kopi lain karena memiliki rasa yang lembut dan tidak meninggalkan jejak pahit di lidah.

Dengan ciri khas aromanya yang gurih, menjadikan kopi gayo sebagai salah satu kopi favorit turis jika berkunjung ke kedai kopi di Indonesia. Selain karena rasanya, kopi ini juga dikenal sebagai salah satu kopi organik dengan rasa terbaik di dunia.

2. Kopi Mocha Java

Lebih dikenal dengan nama Java Robusta, kopi ini merupakan salah satu kopi asal Jawa yang diminati oleh orang luar negeri. Kopi jenis ini memiliki ciri khas rasa pahit yang lumayan kuat dan tingkat keasaman yang rendah.

Salah satu daerah di Jawa yang menghasilkan biji kopi Java Robusta dengan rasa spesial adalah Temanggung. Ahli barista mengatakan, kopi ini akan nikmat jika diolah dengan teknik tubruk, vietnam drip, dan atau blended coffee.

3. Kopi Arabika WamenaDitanam di daerah dataran tinggi Wamena, kopi asal Papua ini menghasilkan rasa kopi arabika ini lembut dan balance. Dengan after taste yang unik dan body medium roast menjadikan kopi ini sebagai salah satu kopi favorit yang sering diekspor ke luar negeri seperti Singapura, Jepang, hingga Amerika Serikat.

Kopi ini memiliki tingkat acidity yang tergolong rendah, sehingga pas untuk dicoba bagi pemula.

4. Kopi S795 Toraja

Salah satu jenis kopi yang terkenal di Toraja adalah kopi arabika S975 dengan cita rasa yang lebih manis dari jenis kopi arabika lain.

Menurut seorang roaster kopi dari Bali, Prawira Adhiguna, yang dilansir dari blog Perfect Daily Grind, rasa kopi jenis ini menjadi seperti jembatan antara cita rasa kopi jadul dan kopi modern, yang mana mampu memberikan rasa unik di dalamnya. Tidak heran, jika kopi ini selalu diminati turis saat berkunjung ke Indonesia.

5. Kopi Bali Blue Moon

Tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, Bali juga dikenal dengan kenikmatan rasa dan aroma kopi khasnya. Apalagi kalau bukan kopi Bali Blue Moon. Melalui proses panen yang tradisional, tingkat keasaman kopi ini ditekan untuk menghasilkan rasa dan aroma yang khas.