Share
5 Kiat Beberes Lemari Pakaian agar Anti-Berantakan
Annisa Laksmintari
13 January 2021

Lemari yang penuh dan berantakan tentu tak sedap dipandang, dan juga membuang waktu anda saat memilih baju yang hendak dipakai. Ketika mencari suatu baju tertentu yang terselip di timbunan baju dalam lemari, akan semakin membuat berantakan, dan anda akan semakin enggan untuk membereskannya. Inilah saatnya untuk berberes lemari anda! Bingung mau mulai dari mana? Simak beberapa tips berikut!


1. Sortir Per-Kategori

Mulailah dengan menyortir koleksi pakaian anda per kategori busana. Jika satu kategori mulai membludak jumlahnya, pecahkan lagi menjadi beberapa subkategori agar dapat dipilah-pilah. Kategori-kategori pakaian diantaranya rok, celana, sweater, atasan. Baju atasan dapat disortir lagi menjadi grup-grup kecil seperti tank top, kaos lengan pendek, kaos lengan panjang, dan seterusnya.

2. Sortir Berdasarkan Warna

Setelah disortir berdasarkan kategori pakaian, selanjutnya baju anda dapat disortir berdasarkan warna agar semakin memudahkan anda untuk menemukan baju yang anda cari. Dengan merapihkan berdasarkan warna, anda juga dapat melihat warna apa yang paling sering anda gunakan, dan juga warna apa yang anda jarang gunakan.

3. Donasikan Baju yang Dobel

Pilah-pilah baju anda untuk memisahkan mana yang akan terus dipakai, dan mana yang akan didonasikan. Ketika pakaian sudah dipisahkan berdasarkan kategori baju dan warna, akan lebih terlihat baju-baju yang banyak dobelnya. Simpanlah yang masih anda gunakan, dan donasikan yang sudah tidak terpakai lagi.

4. Menentukan Peletakan Tiap Kategori Baju dalam Lemari

Letakkan kategori pakaian yang paling sering anda gunakan di posisi lemari yang paling mudah dicapai. Baju yang jarang dipakai seperti pakaian musim dingin atau yang memiliki nilai sentimental dapat disimpan di kotak di lemari bagian paling atas. Gunakanlah kotak plastik yang transparan atau berilah label pada kotak anda agar dengan mudah diketahui isinya dan memudahkan mengembalikan pada tempatnya.

5. Gunakan Aksesoris untuk Penyimpanan Efektif

Dengan berbagai aksesoris yang menjadikan penyimpanan baju anda menjadi semakin efektif, akan lebih rapih, dan juga menambah nilai estetika lemari anda. Untuk baju-baju yang digantung, gunakanlah gantungan-gantungan beludru (agar baju tak mudah jatuh) yang tipis yang berwarna senada (agar terlihat rapih). Jika ada laci lemari baju, gunakanlah penyekat di dalamnya agar isinya tak mudah bergeser dan bercampur aduk.