Share
5 Hidangan Superfood Berbahan Moringa atau Kelor yang Sehat dan Lezat
Novita Angelina
11 January 2022

Moringa atau Kelor menjadi salah satu superfood favorit di tahun ini. Berikut beberapa pilihan makanan dengan menggunakan tanaman kelor sebagai salah satu bahannya.


Beberapa orang tentu tidak asing dengan tanaman kelor atau beberapa orang menyebutnya dengan nama moringa. Tanaman ini sebenarnya merupakan salah satu jenis tanaman tua asal India yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tidak heran tanaman ini diprediksi menjadi salah satu superfood favorit di tahun ini.

BACA JUGA: Kandungan dan Manfaat Kesehatan Moringa atau Kelor, Superfood yang Diprediksi Populer di Tahun 2022

Berikut beberapa pilihan makanan berbahan moringa yang lezat dan super sehat.

1. Moringa Pancakes with Mushrooms

Jika selama ini Anda hanya membuat pancake dengan bahan biasa, Anda bisa mulai menambahkan moringa ke dalam bahan pancake, sebagai pengganti karbohidrat normal. Pancake ini dapat menjadi salah satu ide yang baik untuk menu sarapan. Anda juga bisa menambahkan jamur sebagai topping di atasnya. Menu sarapan ini dapat membuat Anda kenyang hingga jadwal makan siang.

2. Whole Grain Moringa Bread

Buat Anda pecinta roti sehat, tidak ada salahnya mencoba roti berbahan dasar gandum, kacang-kacangan yang dicampur juga dengan moringa atau kelor. Roti tanpa gula ini sangat sehat untuk dibuat menjadi bahan sandwich. Roti ini cocok untuk dibuat dan disimpan sebagai bahan sarapan Anda.

3. Green Pumpkin Seed Cupcakes

Menu cupcakes berbahan biji labu hijau yang dicampur dengan moringa atau kelor ini terlihat sehat dan enak. Tekstur labu hijau akan membuat cupcakes Anda terasa lebih nikmat dan tidak terasa seperti makanan sehat yang rendah kalori pada umumnya.

4. Chunky Monkey Moringa Smoothie

Minuman Chunky Monkey akan menjadi lebih sehat dengan tambahan campuran moringa di dalamnya. Campuran coklat, selai kacang, dan pisang adalah kombinasi yang hampir kebanyakan orang suka. Walaupun tergolong minuman sehat, namun smoothie ini memiliki rasa yang enak dan tentu Anda akan merasa less guilty ketika meminumnya.

5. Creamy Matcha and Moringa Latte

Bagi Anda yang membutuhkan minuman pagi yang sehat dan dapat membuat mata Anda terbuka, minuman latte ini dapat menjadi sebuah opsi pengganti kopi. Selain no caffein, campuran matcha dan moringa yang lezat ini dapat memberikan semangat di pagi hari sebelum Anda memulai aktivitas.