Kandungan dan Manfaat Kesehatan Moringa atau Kelor, Superfood yang Diprediksi Populer di Tahun 2022
Annisa Indah
03 January 2022

Setiap tahunnya, akan muncul satu atau dua superfood yang akan menjadi populer secara global. Tahun ini diprediksi akan menjadi tahunnya Moringa atau tanaman kelor.



Kamus Merriam-Webster mendefinisikan superfood sebagai “makanan yang kaya akan senyawa seperti antioksidan, serat, atau asam lemak, yang dianggap bermanfaat bagi kesehatan seseorang.” Jadi pada dasarnya, superfood dapat berupa bahan makanan mulai dari sayuran dan buah-buahan seperti brokoli sampai ke ikan dan daging sperti salmon, yang penuh nutrisi dan menawarkan banyak manfaat kesehatan.


Di tahun 2022 ini, moringa atau kelor digadang-gadang menjadi superfood yang akan menjadi populer secara global. Dijuluki “pohon ajaib” karena konon tahan dengan kondisi kering, Moringa telah diprediksi oleh The Whole Foods Trend Council dalam laporan tahunan prediksi tren makanannya sebagai salah satu trend makanan untuk tahun 2022. Perusahaan riset teknologi global Technavio juga melaporkan bahwa pasar produk kelor akan tumbuh sebesar 2,85 miliar dolar dari tahun 2021 hingga 2025.


Berasal dari Afrika, daun kelor adalah salah satu tanaman yang paling padat nutrisi, dikemas dengan vitamin C, vitamin E, beta karoten, dan protein. Kelor dapat membantu mengobati diabetes, peradangan, infeksi, nyeri sendi, masalah jantung, dan bahkan kanker. Daunnya memiliki vitamin C tujuh kali lebih banyak daripada jeruk dan 15 kali lebih banyak potasium daripada pisang.