Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

5 Hal Menarik yang Dapat Dilakukan Saat Mandi, Selain Membersihkan Diri

Wellness21 June 2021

By Novita Angelina

5 Hal Menarik yang Dapat Dilakukan Saat Mandi, Selain Membersihkan Diri

Tidak banyak yang menyadari bahwa aktifitas mandi selain hanya untuk membersihkan diri atau bercukur, namun dapat juga dijalankan bersama dengan beberapa aktivitas lainnya.


Mandi merupakan salah satu aktivitas wajib yang harus dilakukan untuk membersihkan dan menyegarkan diri, terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah yang beriklim tropis. Aktivitas singkat tersebut akan jauh lebih bermanfaat jika kita menggabungnya dengan beragam aktivitas menarik lainnya sehingga membuat Anda menjadi lebih produktif.

1. Menikmati Kesendirian Sambil Merenung

Kamar mandi menjadi salah satu tempat pribadi dimana kita dapat merenung sendirian dengan tanpa gangguan. Aktivitas mandi ini dapat menjadi sarana relaksasi sambil membersihkan pikiran dari kekhawatiran ataupun pikiran negatif. Anda dapat mandi sambil bermeditasi untuk menciptakan kedamaian dalam diri. Menurut pakar perilaku yang berbasis di San Diego, Wendy L. Patrick, privasi kamar mandi dapat memberi kesempatan untuk melatih mental kita.

2. Melakukan Sesi Brainstorming

Ketika mandi, Anda mendapat kesempatan untuk sekalian memikirkan berbagai rencana baik untuk proyek kantor ataupun kegiatan di rumah, seperti mempersiakan presentasi atau pidato, merencanakan pesta ulang tahun anak ataupun kejutan untuk pasangan Anda. Tidak menutup kemungkinan akan muncul ‘Aha’ momen dan tercipta ide-ide kreatif pada saat mandi.

3. Bernyanyi dengan Sepenuh Hati

Bagi beberapa orang, mandi sambil bernyanyi menjadi salah satu hal yang lumrah dilakukan. Menurut penelitian bernyanyi memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk menghilangkan stres dan meningkatkan kekebalan tubuh. Tidak ada yang bisa menghakimi suara Anda ketika sedang bernyanyi di kamar mandi. Oleh karena itu teruslah bernyanyi di kamar mandi.

4. Merilekskan Tubuh

Menurut Murray Grossan, MD, seorang otolaryngologist di Los Angeles, mengalirkan air panas ke leher dapat berguna untuk menghilangkan stres. Ia mengatakan panas ke leher membantu sirkulasi dan mengirim lebih banyak darah ke daerah tersebut. Ini dapat memfasilitasi pembuangan asam laktat yang menumpuk di area leher ataupun efek dari postur tubuh yang buruk. Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial menghilangkan stress dan membuat rileks.

Baca Juga: Plus Minus Mandi Air Panas Untuk Kesehatan Tubuh Kita

5. Olahraga Sederhana

Bagi Anda yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk berolahraga di gym, Anda dapat mencoba melakukan latihan sederhana dan cepat sambil mandi. Selain efisien, Anda akan langsung bersih setelah berolahraga. Beberapa latihan yang dapat Anda coba yaitu seperti squat, wall push, atau calf raise. Meskipun begitu, Anda harus berlatih dengan hati-hati agar tidak terpeleset.