Share
5 Fakta tentang Thomas Ceccon, Atlet Renang Asal Italia yang Viral di Paris Olympics 2024
Putrika Annaya Salsabila
05 August 2024

Paris Olympics memang sedang membara saat ini, tidak terkecuali spotlight terhadap para atlet yang berpartisipasi, salah satunya Thomas Ceccon.


Di tengah gegap gempita Olimpiade Paris 2024, nama Thomas Ceccon mencuri perhatian dunia. Para pengguna media sosial tidak henti-hentinya mengungkapkan kekaguman mereka terhadap perenang berbakat ini, hingga banyak yang penasaran tentang kehidupan pribadinya.

Dari pengguna TikTok yang bercanda mereka akan "swipe right" pada Thomas, hingga pengguna X yang men-tweet, "Thomas Ceccon adalah hal terbaik yang pernah terjadi di olimpiade," jelas terlihat bahwa penonton tidak bisa cukup puas dengan pesona dan kemampuan Thomas.

Bukan hanya rupanya yang menawan, prestasi atlet kelahiran 27 Januari 2001 ini juga patut diapresiasi. Dengan dunia yang semakin penasaran dengan Thomas, mari kita kenali lebih jauh siapa sebenarnya perenang fenomenal ini!

1. Pemecah Rekor Dunia

Thomas Ceccon 1

Thomas bukan hanya seorang atlet biasa, dia adalah pemegang rekor dunia. Ia memegang rekor untuk nomor 100 meter gaya punggung long course serta estafet 4×100 meter gaya bebas short course.

Di Italia, ia juga memegang rekor untuk nomor 50 meter gaya punggung dan 50 meter gaya kupu-kupu.

2. Perjalanan di Dua Olimpiade

Thomas Ceccon 2


Thomas pertama kali berkompetisi di Olimpiade Tokyo 2020, di mana ia memenangkan medali perak dalam nomor estafet 4×100 meter gaya bebas putra dan medali perunggu dalam estafet 4×100 meter gaya ganti putra.

Sementara itu, di Olimpiade Paris 2024, ia berhasil meraih medali emas dalam nomor 100 meter gaya punggung putra. Dalam wawancaranya dengan Rai Italia, Thomas mengungkapkan bahwa impian Olimpiade telah ia gantungkan sejak remaja.

"Ketika saya berusia 15 tahun, pelatih bertanya, 'Apa impianmu?' dan saya menjawab, 'Memenangkan olimpiade’," ujarnya.

3. Julukan "The Shark"

Thomas Ceccon 3


Julukan "The Shark" diberikan kepada Thomas karena kegigihannya di kolam renang. Nama ini mencerminkan kekuatan dan determinasi yang ia tunjukkan setiap kali berkompetisi.

4. Hampir Menjadi Pemain Tenis

Thomas Ceccon 4


Menariknya, Thomas pernah mempertimbangkan karier di dunia tenis. Dalam wawancara dengan World Aquatics, ia menceritakan bahwa di masa kecilnya, ia membagi waktu antara tenis dan renang.

"Jujur saja, saya dulu bermain tenis dan berenang sekaligus," jelasnya.

Ia melanjutkan, "Saya jelas suka melakukan keduanya, terutama dengan saudara saya. Namun, saya harus memilih antara berenang atau tenis, tapi pada akhirnya, saya selalu lebih suka berenang. Saya selalu menikmati berada di air bersama saudara saya. Jadi, akhirnya orang tua saya memutuskan bahwa saya harus melanjutkan berenang."

5. Kehidupan Pribadi yang Tertutup

Thomas Ceccon 5


Meski banyak yang penasaran dengan kehidupan asmara Thomas, ia memilih untuk menjaga kehidupan pribadinya tetap tersembunyi. Fokusnya adalah pada karier renangnya yang terus bersinar.