5 Destinasi Wisata di Roma, The Eternal City yang Wajib Anda Kunjungi
Hamidah Khansa Sabila
14 October 2022

Roma, ‘The Eternal City’, menjadi salah satu kota favorit wisatawan karena perpaduan antara sejarahnya yang kental dan kehidupan modern kota tersebut.


Sejarahnya yang kental, bangunannya yang megah dan suasananya yang indah menjadikan Roma salah satu tempat kunjungan favorit wisatawan. Seni bersejarah yang terukir pada arsitektur dan kota tersebut melahirkan julukan Roma sebagai ‘Eternal City’. Tidak hanya indah di mata, makanan khas Italia seperti pasta dan pizza juga dapat menyenangkan diri.

Jika Anda berniat untuk mengunjungi Roma, berikut rekomendasi tempat-tempat yang dapat dikunjungi selama anda berada di Roma.

1. Koloseum

Banyak tempat historis yang dapat dikunjungi di Roma. Salah satunya adalah Koloseum, amfiteater kuno terbesar tempat diselenggarakannya acara-acara pertarungan gladiator. Koloseum dapat menampung sekitar 50.000 penonton. Bangunan yang mewah, megah dan kaya akan sejarah menjadikan Koloseum tempat wisata nomor satu di Roma.

2. Domus Aurea

Jika mengunjungi Koloseum, jangan lupa berkunjung ke Domus Aurea, kediaman kaisar Nero. Domus Aurea, atau yang dikenal dengan nama “Golden House”, dulunya adalah kediaman Kaisar Roma Nero. Bangunan ini adalah kediaman kaisar yang paling megah di Roma pada waktunya. Kubah emas, langit-langit yang dibalut oleh mosaic, taman-taman indah dan dinding yang dilapisi oleh lukisan adalah beberapa alasan untuk mengunjungi istana yang megah dan mewah ini.

3. Trevi Fountain

Air mancur yang megah ini terletak di Piazza di Trevi, dan merupakan salah satu air mancur paling terkenal di dunia. Jika mengunjungi Roma, melempar koin ke dalam air mancur adalah hal yang tidak bisa dilewatkan, karena hal tersebut melambangkan bahwa kita akan kembali ke Roma nantinya.

4. Museum Vatikan dan Sistine Chapel

Lukisan dinding yang indah dan mewah oleh Michelangelo di Kapel Sistina adalah salah satu atraksi utama bagi pengunjung. Arsitekturnya yang megah dan dindingnya yang bercerita menjadikan Kapel Sistina tempat wisata yang tidak bisa dilewatkan ketika berada di Roma.

5. Galleria dan Villa Borghese

Villa Borghese adalah taman terbesar dan terindah di Roma. Villa Borghese dinamakan dari kardinal Scipione Borghese, yaitu pemilik Villa Borghese hingga kepemilikan diserahkan pada pemerintahan kota Roma pada 1903. Galleria Borghese dapat ditemukan di dalam taman, dimana museum tersebut menyimpan koleksi lukisan dan pahatan dari Caravaggio, Rubens, hingga Leonardo da Vinci.