Share
5 Bangunan Unik di Korea Selatan Bergaya Futuristik dan Kontemporer
Novita Angelina
16 December 2021

Selain terkenal oleh industri budaya, seperti drama dan musik K-Pop yang terkenal hingga ke seluruh dunia, Korea Selatan juga dikenal memiliki bangunan-bangunan dengan desain futuristik yang indah dan sangat menarik perhatian.


Belakangan ini, desain arsitektur Korea menjadi semakin dikenal oleh dunia luar setelah menghasilkan banyak bangunan bergaya kontemporer dengan tetap mempertahankan sistem energi berkelanjutan. Walaupun beberapa bangunan mengambil tema futuristik, mereka tetap memegang teguh akar budaya mereka. Berikut lima bangunan unik di Korea yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Korea Selatan.

1. Dongdaemun Design Plaza (DDP)

Bangunan yang populer belakangan ini didesain oleh seorang arsitek bernama Zaha Hadid dan tim. Bangunan ini berfungsi sebagai pusat seni, desain dan teknologi yang setiap bagiannya terintegrasi sehingga menghasilkan pengalaman yang tidak terlupakan. Bangunan juga dilengkapi dengan taman hijau yang eco-friendly serta toko dan cafe yang buka 24 jam. Pada malam hari, visual bangunan berubah menjadi lebih berwarna sehingga memanjakan setiap mata yang melihatnya.

2. Simone Handbag Museum

Bangunan yang dibuka pada tahun 2012 ini dirancang oleh Charlie Smith Design dan arsitek Korea U.A.D. Grup Arsitek. Terletak di daerah Gangnam yang merupakan distrik kelas atas dan paling modis di Seoul, bangunan ini sengaja diperuntukkan untuk para pecinta fashion. Tidak hanya itu, bangunan yang berbentuk tas tangan ini memiliki fungsi yang sama yaitu menjadi rumah bagi museum tas tangan dengan menampilkan koleksi tas anti sejak abad ke-15 hingga saat ini. Museum ini merupakan inisiatif dari Kenny Park, CEO Simone Acc. Collection Ltd. Perusahaan ini memproduksi tas tangan untuk beberapa rumah mode terbesar di dunia.

3. Shrimp Tower

Bangunan ini terletak di pelabuhan Seorae yang merupakan pasar makanan laut terbesar di Incheon. Daerah ini terkenal dengan hasil udangnya, jadi tidak heran bangunannya dibuat menyerupai udang, sekaligus melambangkan kekayaan dan kesuksesan. Bangunan ini terdiri dari tiga lantai dengan ruangan observatorium di lantai atas, yang dapat diakses dengan tangga atau lift. Setiap malam mereka mengadakan pertunjukan lampu LED dari sekitar pukul 19:00 sampai 21:00 untuk menerangi Menara Udang dengan berbagai warna.

4. GT Tower East

Bangunan yang menyerupai bentuk tembikar Korea ini terletak di jalan Gangnam yang biasanya ramai dikunjungi para turis. GT Tower East dirancang oleh firma arsitektur dari Belanda, Het Architecten Consort dengan menciptakan fasad kaca yang bergelombang. Bangunan ini dilengkapi dengan lampu LED di malam hari untuk mengubah warna dan menciptakan berbagai pola di seluruh fasad. Selain itu, bangunan ini dilengkapi dengan taman hijau di lantai dasar dan puncak gedung, serta menggunakan sel surya dan ventilasi alami untuk mengurangi kebutuhan akan AC.

5. Sebitseom

Bangunan Sebitseom yang terletak di samping Sungai Han ini merupakan bangunan pertama di Korea Selatan yang memiliki fasilitas hiburan yang terapung di atas air. Bangunan Sebitseom ini memiliki empat pulau buatan yaitu Gavit, Chaevit, Solvit dan Yevit. Sang arsitektur Haeahn melengkapi bangunan tersebut dengan lampu LED berwarna-warni yang indah dan menerangi langit di sepanjang sungai Han. Sejak 2011, Sebitseom telah berfungsi sebagai kawasan hiburan dengan restoran, aula pertunjukan, pengalaman budaya dan fasilitas rekreasi air, dan Galeri Seni Media.