Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

5 Aturan Unik Dalam Industri TV Korea Selatan, Berikut Hal-Hal yang Mereka Anggap Tabu

Art & Culture06 November 2021

By Novita Angelina

5 Aturan Unik Dalam Industri TV Korea Selatan, Berikut Hal-Hal yang Mereka Anggap Tabu

Pernahkah Anda merasa heran ketika melihat anggota BTS Jungkook menyembunyikan tatonya ketika sedang tampil di atas panggung. Ataupun anggota BLACKPINK yang tidak pernah menunjukkan bagian pusar perutnya walaupun mereka mengenakan baju yang pendek dan terbuka.


Idola K-pop selalu berhasil memukau para penggemarnya dengan penampilan luar biasa baik di konser maupun acara on-air TV. Namun meskipun begitu, karena mayoritas masyarakat Korea Selatan masih tunduk pada standar moral yang tinggi, stasiun TV melakukan beberapa pembatasan pada penampilan para idola mereka, mulai dari tampilan hingga lagu yang mereka nyanyikan. Apa saja aturan unik atau hal-hal yang dianggap tabu untuk dibawakan di atas panggung TV Korea Selatan. Berikut ulasannya.

1. Tidak Boleh Ada Tato

Bagi beberapa masyarakat Korea, tato masih dianggap sebagai hal yang tabu untuk dilakukan. Oleh karena itu banyak dari Korean Idol yang terlihat menutupi tato mereka ketika sedang tampil di atas panggung, salah satunya yaitu Jungkook, BTS. Ia selalu terlihat mengenakan lengan panjang dan perban untuk menutupi tatonya. Walaupun sebenarnya tidak ada aturan yang menetapkan bahwa idola tidak boleh memamerkan tato mereka di televisi, namun mereka tidak mau meninggalkan stigma negatif pada penampilannya dikaitkan dengan budaya geng di masa lalu.

2. Tidak Boleh Menampilkan Pusar Perut

Aturan unik lainnya di panggung Korea Selatan, yaitu para girl group, mereka tidak boleh menunjukkan bagian pusar mereka, karena Komisi Standar Komunikasi Korea (KCSC) sebelumnya sudah mengusulkan peraturan yang lebih ketat tentang pakaian penampilan girl group di penyiar "tiga besar", SBS, MBC dan KBS, pada tahun 2010. Meskipun aturan ini diaplikasikan bervariasi di antara stasiun media lainnya, tetapi sebagian besar dari mereka berfokus pada menutupi belahan dada dan pusar, terutama bila menyangkut anggota yang usianya di bawah umur.

3. Tidak Boleh Ada Sumpah atau Makian dalam Lagu

Selain tampilan yang tidak boleh terlalu terbuka, mereka juga dilarang menggunakan kata-kata kotor dalam lirik lagu, apalagi jika penampilan mereka akan ditayangkan di program TV selama slot waktu tertentu, lagu tersebut harus mematuhi aturan yang ditetapkan oleh KCSC. Beberapa artis dan band bahkan mengubah lirik terutama untuk penampilan tertentu, seperti saat G-Dragon mengubah kata makian dalam Bahasa Korea yaitu dalam lagu That XX menjadi huruf Inggris “X” di SBS’ Inkigayo pada tahun 2012.

4. Tidak Boleh Ada Pertunjukan yang “Provokatif Secara Seksual”

Penyanyi di Korea tidak boleh memamerkan terlalu banyak bagian atas tubuh yang terbuka, terutama selama penampilan TV, penyanyi Hyuna bahkan disarankan untuk mengenakan kemeja lengan panjang di acara Radio Star. Selain itu, ia bahkan pernah membuat video musik terpisah dari sebuah lagu untuk jaringan TV yang sebagian besar menampilkan wajahnya dari dekat dan bukan tubuhnya, walaupun tetap ditolak karena dianggap terlalu sensual.

5. Tidak Boleh Ada Kata-Kata yang “Provokatif Secara Seksual” dalam Lagu

Tidak hanya tampilan, kata-kata di lagu juga harus diperhatikan, karena tidak boleh memilih kata yang mengandung konten sensual, meskipun liriknya sendiri mungkin tidak terlalu eksplisit. Seperti halnya yang terjadi pada TVXQ yang harus membuat versi bersih dari lagu mereka Mirotic untuk menampilkannya di sebuah program televisi sebelum jam 10 malam. Mereka mengubah baris "I got you under my skin" menjadi "I got you under my sky", dan "I got you" menjadi "I choose you", karena harus membawakan versi lagu ini di Golden Disc Awards tahunan ke-23.