4 Tips Memaksimalkan Ruang Minimalis Menjadi Ruang yang Lebih Manis

Design03 December 2020

By Rahayu Indah

4 Tips Memaksimalkan Ruang Minimalis Menjadi Ruang yang Lebih Manis

Konsep rumah minimalis semakin digemari oleh orang-orang. Hadirnya konsep minimalis membuat kebanyakan orang membangun rumah minimalis mereka dengan konsep yang beragam dan unik.


Memiliki rumah minimalis menjadi pilihan bagi beberapa orang, atau mungkin bagi Anda yang sedang merenovasi atau berencana membangun rumah. Gaya minimalis menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memiliki hunian yang simple namun tetap menarik.

Rumah minimalis akan membantu Anda menjadi lebih praktis, baik dari segi konsep maupun dekorasi bangunan. Dengan bentuknya yang sederhana, Anda bisa meminimalisasi furniture sesuai dengan kebutuhan. Berikut tips untuk memaksimalkan ruang minimalis agar tetap bisa menjadi ruangan yang manis.

1. Monokrom Menjadi Pilihan Cat Dinding

Cat dinding adalah langkah awal yang berarti untuk membuat suasana suatu ruangan. Menggunakan warna monokrom akan membuat ruangan terlihat lebih anggun nan-elegan. Pemilihan warna monokrom juga akan mempermudah pemilihan furniture dan akan membuat kesan yang lebih luas. Warna-warna monokrom itu tidak hanya sebatas hitam dan putih, tetapi monokrom adalah warna-warna yang memiliki gradasi tone dalam satu warna. Anda bisa tetap menggunakan warna apa saja, namun dengan gradasi tone yang senada.

2. Tanaman Hijau

Walaupun terkesan sepele, tanaman hijau adalah hal yang wajib bagi Anda yang memiliki ruang minimalis. Tanaman hijau akan memberikan kesan lebih lega dan fresh. Ruangan akan terasa tidak kaku dan lebih nyaman. Dengan adanya tanaman hijau yang menghasilkan oksigen dan menyerap karbondioksida membuat ruangan minimalis menjadi tidak sesak, justru akan memberikan kesegaran.

3. Perbanyak Jendela Kaca

Jendela kaca akan membuat ruangan seakan lebih luas, ditambah dengan adanya cahaya matahari yang masuk secara alami. Menggunakan kaca diperlukan pemilihan kaca yang tepat supaya rumah tetap teduh walaupun dengan kehadiran cahaya matahari langsung.

4. Gunakan Furniture dengan Tema Earthy Tone

Furniture dengan tema earthy tone seperti berwarna coklat, putih, krem, hijau, akan membantu ruangan sempit tetap terlihat fresh. Komposisi interior rumah seperti ini akan membuat suasana terasa nyaman dan tenang. Konsep ini akan semakin maksimal dengan ditambahkannya beberapa aksesoris, contohnya tanaman artifisial dan bantal-bantal kecil berwarna krem yang akan membuat kesan interior rumah yang nyaman.