4 Momen Bersejarah di Perhelatan Oscars 2021 yang Akan Selalu Dikenang

Event27 April 2021

By Novita Angelina

4 Momen Bersejarah di Perhelatan Oscars 2021 yang Akan Selalu Dikenang

Perhelatan Academy Awards atau sering disebut juga dengan Oscars ke-93 baru saja digelar. Acara tahun ini mencetak beberapa momen sejarah baru yang tidak dapat dilupakan.


Seperti yang kita ketahui, acara Oscars tahun ini harus ditunda selama dua bulan. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, acara penghargaan Academy Awards 2021 disiarkan tanpa pembawa acara dan memilih dua lokasi tatap muka yaitu Teater Dolby di Hollywood dan Union Station di pusat kota Los Angeles, serta beberapa nominasi luar negeri berpartisipasi dari London dan Paris. Sebelum acara itu, para tamu diwajibkan menjalani tes COVID-19.

Acara tahun ini menampilkan beberapa kejutan yang mencetak rekor sejarah baru dalam industri perfilman dunia, setelah bertahun-tahun mendapat kritik karena kurangnya keragaman dalam memilih deretan film yang masuk dalam nominasi mereka. Berikut momen bersejarah di Oscars 2021.

1. Chloé Zhao Menjadi Wanita Tionghoa dan Kulit Berwarna Pertama yang Dianugerahi Sutradara Terbaik

Sutradara film ‘Nomadland’ Chloé Zhao berhasil meraih penghargaan sebagai sutradara terbaik di Oscars 2021. Selain menjadi wanita Tionghoa pertama, Ia juga menjadi wanita kulit berwarna yang pertama terpilih menjadi sutradara terbaik.

Zhao juga menciptakan sejarah baru sebagai sutradara wanita kedua yang memenangkan sutradara terbaik selama pagelaran Academy Awards selama ini. Ia berhasil mengalahkan Emerald Fennell, yang dinominasikan untuk film karyanya yang berjudul ‘Promising Young Woman’. Film ‘Nomadland’ karya Chloé Zhao juga terpilih menjadi kategori Best Picture di acara Academy Awards tahun ini.

2. Dua Stylist di Balik ‘Ma Rainey's Black Bottom’ Menjadi Pemenang Kulit Hitam Pertama untuk Kategori Rias Wajah dan Rambut

Tim tata rias dan tata rambut dari film ‘Ma Rainey's Black Bottom’ berhasil memenangkan Oscar 2021. Penata rambut Mia Neal dan Jamika Wilson adalah wanita kulit hitam pertama yang menang dalam kategori ini. Penata rias Sergio Lopez-Rivera juga merupakan bagian dari tim pemenang Oscar tahun ini.

Neal menciptakan 100 wig untuk film tersebut, termasuk dua untuk aktris Viola Davis, yang memerankan Ma Rainey. Penata rambut ini menempuh pendidikan di Juilliard dan bekerja di produksi Broadway Julius Caesar, A Raisin in the Sun dan The Iceman Cometh dan merancang wig Oprah Winfrey untuk The Immortal Life of Henrietta Lacks.

3. Youn Yuh-Jung Menjadi Wanita Korea Pertama Peraih Penghargaan Oscars 2021

Youn Yuh-Jung pemeran Soon-ja dalam film ‘Minari’ menjadi wanita Korea pertama dan menjadi satu-satunya wanita Asia kedua yang memenangkan Aktris Pendukung Terbaik dalam 63 tahun terakhir. Wanita Asia pertama sebelumnya yang mendapatkan penghargaan yaitu Miyoshi Umeki di film ‘Sayonara’ pada tahun 1957.

Youn juga menjadi aktris Korea pertama yang memenangkan Aktris Pendukung Terbaik awal musim penghargaan ini di Screen Actors Guild Awards dan British Academy Film Awards. Dia juga aktris Korea pertama yang dinominasikan untuk Critics’ Choice Award untuk kategori tersebut.

4. Riz Ahmed dari "Sound of Metal" Menjadi Muslim Pertama yang Dinominasikan untuk Aktor Terbaik

Meskipun kalah di penghargaan Academy Awards tahun ini, untuk pertama kalinya dalam sejarah perfilman, kategori aktor terbaik untuk Oscars 2021 memasukkan nominasi Muslim. Riz Ahmed termasuk dalam pemungutan suara Oscar untuk acara penghargaan Minggu malam untuk perannya sebagai drummer yang kehilangan pendengarannya dalam ‘Sound of Metal.’

Film ‘Sound of Metal’ sendiri berhasil memenangkan dua piala Oscar untuk kategori Best Sound dan Best Film Editing.