4 Makanan Khas Negara Perancis Dengan Rasa Yang Mendunia

Wine & Dine09 October 2021

By Venisa Ruth

4 Makanan Khas Negara Perancis Dengan Rasa Yang Mendunia

Makanan khas Perancis terkenal dengan penyajiannya yang artistik dan mewah. Selain itu, dari segi rasa mudah diterima oleh lidah semua orang. Sehingga, kerap dihidangkan di restoran serta hotel-hotel bintang lima.


Negara yang terletak di benua Eropa itu terkenal dengan ikonnya yang khas, yakni Menara Eiffel. Berbagai objek wisata sejarah berkumpul menjadi satu di sana. Di samping itu, Perancis juga memiliki tempat-tempat romantis, sehingga sering dijadikan destinasi berbulan madu. Tidak hanya terkenal dengan tempat wisatanya, Prancis memiliki beragam pilihan makanan yang enak bahkan sudah dikenal hampir di seluruh dunia. Jika Anda berencana berlibur ke negara Perancis, kuliner berikut wajib untuk dicoba.

1. Cassoulet

Sajian yang mirip kaserol ini terbuat dari sosis dan kacang putih yang dimasak dalam satu panci. Cassoulet menyerupai sup, namun kuahnya lebih kental. Sebab, menggunakan berbagai bumbu dan rempah-rempah. Karena kandungan lemak yang tinggi, satu porsi hidangan tersebut bisa membuat Anda kekenyangan.

Makanan ini paling pas disantap ketika musim dingin di depan perapian untuk menghangatkan badan.

2. Escargot

Dalam Bahasa Indonesia, “escargot” berarti siput atau bekicot. Mungkin bekicot bukan sajian yang lezat bagi beberapa orang, tapi apabila diolah dengan tepat justru akan menggugah selera.

Apalagi daging bekicot mengandung banyak protein, vitamin B2 serta asam amino yang baik untuk kesehatan. Berbagai negara, dua di antaranya Jepang dan Cina pun telah mengonsumsi hewan itu. Mereka biasa memasaknya dengan cuka, jahe dan kecap. Di Perancis sendiri escargot diberi campuran bawang putih dan mentega

3. Croissant

Roti dari negara romantis ini populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Croissant sendiri berarti bulan sabit, yang mana menggambarkan bentuk kudapan tersebut. Ia tersedia di berbagai toko roti, supermarket sampai hotel berbintang. Cita rasanya cukup bervariasi, mulai dari keju, coklat, almond dan sandwich.

Meski tersedia di negara-negara lain, tapi croissant khas Perancis ini sedikit berbeda. Aroma dan rasa menteganya amat kuat, sehingga cocok sekali dinikmati bersama segelas teh atau kopi sembari bersantai di sore hari.

4. Soupe a l'oignon

Hidangan ini terbuat dari rebusan kuah kaldu sapi kental yang dicampur dengan potongan bawang putih. Tidak sampai disitu, soupe a l’oignon juga dipresentasikan dengan suwiran daging ayam dan keju parut sebagai penambah cita rasa.

Bila dilihat dari kualitas dan nilai gizi, makanan tersebut berhak menyandang gelar sebagai kuliner terenak di dunia. Meski telah diciptakan sejak zaman Romawi, sajian yang bernama lain sup bawang Perancis itu baru dikenal dunia internasional pada tahun 1960-an.