4 Fakta Girlgroup Terbaru SM Entertainment

Profile13 November 2020

By Rizka Putri Sonia

4 Fakta Girlgroup Terbaru SM Entertainment

Mulai dari konsep, anggota, hingga bocoran lagu, berikut adalah fakta dari girlgroup terbaru SM Entertainment, AESPA.


Agensi yang menaungi deretan idol ternama seperti Girls' Generation, Super Junior, dan NCT, SM Entertainment, pada akhirnya mengumumkan debut girl group terbaru mereka untuk pertama kali setelah 6 tahun belakangan. Melalui media sosial resminya, SM Entertainment mengumumkan nama serta logo girl group terbaru mereka yang dinamai AESPA.

Uniknya, AESPA menggabungkan konsep dunia asli dan virtual yang direpresentasikan melalui hadirnya karakter virtual dari masing-masing anggota. Menjelang debutnya pada 17 November 2020 mendatang, berikut adalah fakta-fakta mengenai AESPA:

1. Memiliki Anggota Virtual

Salah satu yang menjadi daya tarik dan hal paling unik dari girl group AESPA adalah konsepnya yang menghapuskan garis batas antara dunia nyata dan virtual. AESPA sendiri merupakan kombinasi dari "AE" yang merupakan inisial dari Avatar dan Experience (Avatar x Experience), serta "Aspects" yang berartikan dua sisi dan menyimbolkan bertemu sisi lain dari diri sendiri serta mencoba memasuki dunia baru.

Pendiri SM Entertainment Lee Sooman dalam World Cultural Industry Forum mengatakan bahwa AESPA menggambarkan industri hiburan di masa depan.

"Grup ini merupakan impian saya, karena memproyeksikan dunia masa depan yang berpusat pada selebriti dan avatar, melampaui batas antara dunia nyata dan virtual,” ujarnya, dikutip dari South China Morning Post.

Konsep tersebut digambarkan dengan hadirnya karakter virtual dari masing-masing anggota yang dinamai dengan MY (untuk anggota dalam dunia nyata) dan AE (untuk karakter dalam dunia virtual.

SM Entertainment kemudian memperjelas konsep yang AESPA usung dengan hadirnya video My Karina dan ae-Karina (karakter virtual dari Karina) untuk pertama kali pada media sosial AESPA. Keduanya terlihat berinteraksi selayaknya sepasang rekan dalam satu dunia.

2. Beranggotakan 4 Personil

Sehari setelah mengumumkan nama dan logo resminya, AESPA memperkenalkan Winter sebagai anggota pertama mereka.

Setelah Winter, per harinya SM Entertainment memperkenalkan tiga anggotanya satu per satu mulai dari Karina, Ning Ning, hingga Giselle yang menjadi anggota terakhir yang diumumkan. Hingga pada 30 Oktober lalu, AESPA merilis foto grup berisi empat anggota AESPA secara penuh.

Sesuai konsep, teaser yang dirilis tidak hanya memperlihatkan anggota dari dunia nyata AESPA itu sendiri. Karakter virtual dari keempatnya juga turut hadir dalam foto-foto yang selanjutnya dirilis oleh SM Entertainment.

Lebih jauhnya, dalam video individual anggota yang menunjukkan bakat masing-masing dari mereka, juga menghadirkan seolah kedua karakter nyata dan virtual dari masing-masing anggota saling berkolaborasi di dalam video tersebut.

3. Menjadi Girl Group Pertama SM Entertainment Setelah 6 Tahun Lamanya

AESPA menjadi girl group pertama yang diumumkan SM Entertainment semenjak tidak mendebutkan girl group manapun lagi setelah Red Velvet pada 2014 lalu. Semenjak 2014, Red Velvet menjadi satu-satunya girl group yang aktif berpromosi di SM Entertainment di samping Girls' Generation dan F(x) yang anggotanya telah sibuk berpromosi secara solo. Maka demikian, hadirnya AESPA akan menjadi girl group terbaru SM Entertainment yang diperkirakan akan turut aktif berpromosi di samping Red Velvet.

4. Debut dengan "Black Mamba" pada 17 November Mendatang

AESPA dikabarkan akan merilis "Black Mamba" sebagai lagu debut mereka. Menjelang perilisannya, SM Entertainment pun memberikan sedikit bocoran yang mengatakan bahwa "Black Mamba" memiliki hook yang menarik serta berisi layaknya nyanyian mantra.

Di dalamnya, lagu ini akan menceritakan tentang karakter penjahat Black Mamba yang mengancam ketenangan dunia dan menghalangi hubungan antara anggota AESPA dengan karakter virtual mereka.

Lagu ini sendiri diumumkan akan segera dirilis pada 17 November 2020 mendatang pukul 4 PM WIB.