Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

4 Cara Mengakhiri Hubungan Tanpa Membuat Pihak Lain Terluka

Relationship24 March 2022

By Shela Dhamayanti

4 Cara Mengakhiri Hubungan Tanpa Membuat Pihak Lain Terluka

Pada dasarnya mengakhiri hubungan dengan seseorang memang cukup menghancurkan hati. Oleh karena itu, sebagai pihak yang ingin mengakhiri hubungan, Anda perlu bersikap bijaksana serta dewasa untuk saling menghormati satu sama lain.


Hubungan akan lebih sulit dipertahankan jika terlalu banyak masalah dan tidak bisa diselesaikan bahkan hingga berlarut-larut. Namun, harus diakui berbagai permasalahan bisa membuat hubungan menjadi renggang. Untuk mengakhiri hubungan tidaklah mudah dan perlu memperhatikan beberapa hal. Selain itu Anda perlu menyadari bahwa setiap hubungan yang ingin diakhiri akan menghadapi berbagai risiko di masa yang akan datang. Untuk menghindari risiko tersebut, berikut beberapa cara untuk mengakhiri hubungan dengan baik.

1. Bicarakan secara tatap muka

Banyak beberapa dari orang yang mencoba mengakhiri hubungan hanya melalui pesan singkat. Perlu diingat cara tersebut kurang sopan dan tidak akan membuat masalah menjadi selesai. Lebih baik hal tersebut dibicarakan secara langsung, maka pihak lain akan merasa lega.

2. Hindari pembicaraan yang bertele-tele



Ketika Anda sudah bertemu dan menyampaikan maksud untuk mengakhiri hubungan tersebut, maka segera akhiri pertemuan itu. Hal ini dilakukan agar Anda bersama mantan pasangan Anda memiliki banyak waktu menenangkan diri satu sama lain.

3. Tunjukkan Empati



Jangan lupa untuk minta maaf jika Anda memiliki kesalahan di masa lalu dan tunjukkan tindakan penyesalan. Hal ini agar pihak lain mengetahui bahwa ini bukanlah keputusan yang mudah bagi Anda.

4. Jujurlah dengan perasaan sendiri

Berikan alasan kepada pihak lain mengapa Anda ingin mengakhiri hubungan ini. Lebih baik, hindari kata kasar dan gunakan kata yang lebih sopan serta dapat diterima dengan baik.

BACA JUGA: Kalimat Motivasi dari Member BTS Tentang Kehidupan yang Sangat Menginspirasi