4 Bentuk Mutiara yang Perlu Anda Ketahui

Art & Culture11 September 2021

By Clara Enocensia

4 Bentuk Mutiara yang Perlu Anda Ketahui

Berbagai bentuk, perbedaan, dan karakteristik mutiara dapat membuat penampilan Anda semakin anggun dan elegan.


Perhiasan bertahtakan mutiara sudah populer sejak tahun 1920an. Banyak orang yang jatuh cinta dengan desainnya yang unik dan indah. Tak heran jika perhiasan mutiara ini banyak beredar di pasaran. Mutiara lebih populer dengan bentuk bulat sempurna, namun bentuknya tidak selalu bulat, terdapat bentuk-bentuk mutiara lainnya seperti semi bulat, drop, baroque, dan circle baroque yang dianggap lebih langka dan unik. Simak beberapa perbedaan dan karakteristik dari bentuk-bentuk mutiara berikut.

Bulat

Bentuk ini adalah bentuk yang paling dicari dan paling populer diantara jenis lainnya. Namun mutiara ini sangat langka karena hanya tersedia 10% dari total panen mutiara setiap tahunnya. Sebab mutiara terbentuk secara organik yang tercipta dari makluk hidup yaitu tiram. Proses pembentukan mutiara terjadi secara alami di dalam laut sehingga bentuknya tidak dapat diprediksi atau pun dibuat-buat.

Semi Bulat

Bagi orang awam, mutiara semi bulat, mungkin tampak mirip dengan mutiara bulat pada umumnya. Namun jika di lihat lebih dekat dengan mikroskop, sebenarnya mutiara ini memiliki bentuk yang tidak teratur jika dibandingkan dengan mutiara bulat sempurna.

Drop

Mutiara bentuk ini memiliki kemiripan dengan bentuk tetesan air, sehingga dijuluki dengan sebutan “drop”. Mutiara ini berbentuk memanjang seperti buah pir, namun tetap simetris dan sempurna. Meskipun tidak berbentuk bulat sempurna, anting dengan mutiara berbentuk drop sering dijumpai dan memiliki banyak peminat. Padukan anting tersebut dengan kalung mutiara senada untuk membuat tampilan klasik yang effortless.

Baroque

Mutiara ini berbentuk tidak beraturan, dan tidak ada mutiara jenis baroque yang bentuknya seragam. Bentuk asimetris ini sangat disukai karena keunikannya. Bohemian style sangat sempurna jika dipadukan dengan perhiasan berupa liontin mutiara baroque.

Circle Baroque

Mutiara dengan jenis circle baroque adalah jenis lain dari mutiara berbentuk baroque. Mutiara ini memiliki lingkaran cincin di sekitar permukaannya yang membuatnya mudah dibedakan dan sangat unik. Akhir-akhir ini anting dengan mutiara circle baroque ini menjadi pilihan perhiasan yang trendi.