Share
3 Negara Paling Dingin di Dunia dan Selalu dikelilingi Oleh Musim Salju
Venisa Ruth
13 November 2021

Beberapa negara memiliki suhu rata-rata yang panas, dan beberapa negara lainnya memiliki suhu rata-rata yang dingin. Negara-negara yang bersuhu dingin umumnya terletak dekat dengan kutub bumi. Nah, kira-kira negara manakah yang paling dingin di dunia?


1. Kanada

Kanada merupakan negara yang terletak di bagian utara benua Amerika. Negara ini merupakan negara yang paling dingin di dunia. Hal ini sangat dipengaruhi oleh letaknya yang berada dekat dengan kutub utara bumi. Di bagian utara, Kanada berbatasan dengan Alaska. Sedangkan di bagian selatan, Kanada berbatasan dengan Amerika Serikat.

Total area Kanada membuat negara ini menjadi negara terluas kedua di dunia setelah Rusia. Karena dekat dengan kutub utara, bagian utara Kanada tertutup oleh es.

2. Mongolia

Mongolia merupakan negara yang terletak di benua Asia. Bagian utara negara ini berbatasan dengan Rusia, sedangkan bagian selatannya berbatasan dengan Cina. Negara ini memiliki iklim yang cukup hangat di bagian selatan dengan adanya gurun Gobi. Hanya saja pada bagian utara Mongolia memiliki iklim yang lebih dingin. Pada musim panas, suhu di Mongolia cukup hangat. Sedangkan musim dinginnya sangat dingin dan bisa mencapai -30 derajat celcius. Per tahunnya, rata-rata suhu di Mongolia adalah -0,7 derajat celcius.

3. Kirgistan

Kirgistan merupakan negara yang terletak di Asia Tengah sekaligus menjadi negara paling dingin di benua Asia. Negara ini tidak memiliki garis pantai karena dikelilingi oleh daratan dan pegunungan. Bagian selatan dari Kirgistan memiliki iklim sub tropis. Sedangkan bagian utaranya lebih dingin. Bahkan, pada musim dingin, beberapa daerah gurun memiliki hujan salju konstan. Suhu rata-rata di Kirgistan mencapai 1,55 derajat celcius per tahun.