3 Kuliner Indonesia Dengan Rasa yang Mendunia
Venisa Ruth
04 November 2021

Indonesia tak hanya terkenal sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam tapi juga tradisi serta budaya yang sangat beragam. Salah satu produk budaya yang berhasil mencuri perhatian masyarakat dunia adalah kuliner khas Indonesia. Karena cita rasa makanan khas Indonesia yang otentik, beberapa makanan asli negeri kita cukup sering disajikan di festival-festival yang diselenggarakan di beberapa negara di dunia.


1. Rendang

Berasal dari daerah Padang, Sumatera Barat, Rendang menjadi kuliner khas yang mendunia. Saking lezatnya hidangan khas Indonesia satu ini, rendang berhasil meraih posisi atas dalam daftar 50 makanan dunia terenak versi CNN internasional pada tahun 2011.

Rendang sendiri merupakan makanan yang dibuat dari daging serta bumbu dari rempah-rempah asli Indonesia. Proses memasak Rendang memakan waktu yang lama. Butuh waktu beberapa jam dengan proses memanaskan berulang kali menggunakan santan kelapa untuk menghasilkan tekstur daging empuk dan warna hitam pekat ciri khas hidangan Indonesia ini.

2. Soto

Kuliner khas Indonesia yang mendunia lainnya adalah Soto. Walau wilayah-wilayah di Indonesia punya beragam variasi soto, seperti soto Betawi, coto Makassar, soto ayam, soto sapi, hingga soto babat, pada dasarnya makanan berkuah ini terdiri dari beragam isian yang dibanjiri kuah dengan rempah-rempah.

Kuliner soto tak hanya menjadi favorit masyarakat Indonesia tapi makanan ternama dunia. Salah satu penggemar makanan soto di luar Indonesia adalah masyarakat Ibaraki, Jepang. Lewat festival makanan yang sering diadakan di Ibaraki, masyarakat Jepang berkenalan dengan makanan khas Indonesia satu ini yang dibawa oleh beberapa pelajar asal Indonesia yang bermukim di sana.

3. Bakso

Kuliner khas Indonesia lain yang berhasil mencuri perhatian khalayak internasional adalah Bakso. Makanan berkuah yang dapat ditemukan di hampir setiap wilayah di Indonesia ini terdiri dari bola daging, kuah kaldu, dan isian mie.

Walau memiliki versi mereka sendiri, masyarakat Tiongkok sangat menggemari makanan yang satu ini karena berbeda dengan bakso di negeri tirai bambu, hidangan bakso versi Indonesia dibuat dari daging sapi dan sering disajikan dengan gorengan sebagai pelengkap. Tak hanya masyarakat Tiongkok, hidangan bakso juga menjadi kuliner favorit mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

Mana dari santapan khas Indonesia di atas yang merupakan makanan favorit dan yang ingin anda nikmati berikutnya?