Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

3 Kreasi Hidangan Berbahan Dasar Rice Paper Yang Mudah Dibuat

Wine & Dine18 November 2021

By Rambu Moara

3 Kreasi Hidangan Berbahan Dasar Rice Paper Yang Mudah Dibuat

Meski sudah ada dari dulu, memasak dengan rice paper dengan cara kreatif akhir-akhir ini sidang viral dimana tren tersebut dimulai dari Tiktok.


Rice paper adalah kertas pembungkus yang terbuat dari tepung beras dan dapat dikonsumsi. Biasanya rice paper berbentuk bulat, tipis, translucent, agak kaku, dan terdapat pattern pada kertasnya.

Walau sudah lama ada, memasak dengan rice paper akhir-akhir ini sidang viral dimana tren tersebut dimulai dari Tiktok. Sudah banyak jenis olahan kreatif dengan rice paper, seperti tiga jenis olahan berikut yang akan HighEnd bahas. Hanya bermodalkan bahan sederhana, Anda bisa membuat makan lezat dari rice paper.

1. Rice Paper Roll

Sekilas, olahan ini mirip dengan lumpia. Hanya saja rice paper roll ini tidak digoreng melainkan dibasahi dengan air. Namun jika anda ingin menggoreng rice paper, perhatikan isiannya. Anda bisa mengganti isian salmon seperti di video dengan telur dadar yang dipotong memanjang atau crab stick.

2. Tteokpokki Rice Paper

Selain rice paper roll yang mirip lumpia, ada juga tteokpokki dari rice paper. Tteokpokki adalah makanan khas Korea Selatan dimana tteok terbuat dari tepung beras dan dibentuk silinder. Anda bisa mengakali tteok ini dengan menggulungkan rice paper berisi potongan keju mozarella. Langkah selanjutnya bisa diikut seperti di video.

3. Pizza Rice Paper

Olahan kreatif rice paper terakhir adalah pizza rice paper. Untuk membuat makanan ini, Anda cukup membasahi salah satu sisi (yang akan menempel pada pan) dan letakkan 1-2 lapis rice paper. Masukan saus dan toppingnya lalu lapisi lagi dengan selembar rice paper untuk menutupi topping.