Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

20 Tahun Menekuni Seni Peran, Adinia Wirasti Tak Pernah Berhenti Belajar - Cover HighEnd Feb 2022

Profile15 February 2022

By Listya Manopo

20 Tahun Menekuni Seni Peran, Adinia Wirasti Tak Pernah Berhenti Belajar - Cover HighEnd Feb 2022

Aktris kenamaan Adinia Wirasti, bintang cover majalah HighEnd edisi Februari 2022, bercerita banyak tentang mimpi-mimpinya, kegiatan kemanusiaan yang ia dukung dan juga harapan dalam karirnya di dunia perfilman Indonesia.


Adinia Wirasti memulai karirnya di dunia hiburan Indonesia dengan peran ikonik sebagai Karmen di film fenomenal Ada Apa dengan Cinta di tahun 22 saat ia masih berusia 14 tahun. Film drama romantis tersebut meledak sedemikian rupa sehingga popularitas yang tak terduga menjadi suatu ‘beban’ tersendiri bagi Adinia yang masih remaja dan belum memiliki ‘amunisi’ yang tepat dalam menghadapi keadaan tersebut. Meragukan diri sendiri bukan hal asing baginya, terlebih dengan begitu banyaknya permintaan yang harus di penuhi untuk bertahan di industri ini. Walau begitu, dengan berjalannya waktu, ia berhasil mengikis insecurities di dalam dirinya dan mengembangkan karirnya begitu pesat.

20 tahun kemudian di tahun 2022, Adinia Wirasti telah menjelma menjadi salah satu aktris yang paling banyak dinominasikan dan diberi penghargaan di antara teman-temannya di perfilman Indonesia, dengan lebih dari 20 judul film yang telah ia bintangi. Pemilik berbagai penghargaan, termasuk di antaranya dua Piala Citra, telah memainkan berbagai macam peran di banyak film, serial dan belum lama ini sebuah video ‘performance film’ yang sempat viral di Youtube berjudul Rewind Indonesia 2021, di mana ia berperan sebagai Ibu Pertiwi/Mother Nature. Baik video maupun penampilan Adinia di situ mendapatkan pujian luar biasa dari penonton baik dari dalam maupun luar negri. Intinya, julukan sebagai salah satu aktris Indonesia terbaik Indonesia saat ini tak salah untuk disematkan pada Adinia Wirasti.

Di awal tahun ini, Adinia sekali lagi menunjukkan kepiawaiannya dalam berakting di sebuah film baru yang akan segera dirilis di bioskop, Kamu Tidak Sendiri. Film drama-suspense ini menceritakan tentang Mira, seorang atasan di sebuah perusahaan e-commerce ternama, yang sangat mandiri dan terbiasa melakukan segala sesuatunya sendiri. Namun, Mira dihadapkan kepada suatu kejadian bencana di mana ia terjebak di sebuah lift, dan ia sadar bahwa ia memerlukan bantuan dari orang lain.

“Mira harus merekonstruksi ulang ide ‘kemandiriannya’ tersebut melalui kejadian ini,” cerita Adinia. Sebagai aktor berbakat, Adinia mendapatkan tugas berat untuk menyampaikan emosi di adegan-adegan yang dapat dibilang menantang sebagai seseorang yang dilanda rasa takut dan cemas di hampir 80 persen dari film ini, dan tentu saja ia berhasil mencapainya dengan level akting tingkat tinggi.

Diproduksi oleh MNC Pictures, Kamu Tidak Sendiri membahas apa arti isolasi, terlebih ketika pada saat pengambilan gambar, prosesnya sempat terhenti dikarenakan pandemi global yang melanda. Empat bulan setelahnya, barulah para pemain dan kru melanjutkan sisa hari shooting mereka. “Ketika COVID-19 mulai merajalela dan kami semua terisolasi di rumah, itu benar-benar terasa seperti art imitates life, atau life imitates art,” ingat Adinia tentang pembuatan film ini.

Memerankan peran-peran utama dalam hampir semua film-filmnya akhir-akhir ini, Adinia mengakui ada suatu tanggung jawab yang dibebankan padanya. “Menjadi first bill atau peran utama di dalam sebuah film untuk saya, sebagai seorang aktor, berarti memikul beban emosi seorang diri dari skrip tersebut. We need to be generous enough to do it, meaning mengerjakan atau menganalisa adegan-adegan di dalam film bukan hanya untuk karakter kita saja, tetapi juga untuk karakter-karakter lain. ‘Bermain bagus’ itu bukan hanya bermain sendiri saja, tetapi tahu kapan kita harus memberi, dan tahu kapan kita harus menerima,” kata penerima penghargaan Indonesia’s Beautiful Women 2015 dari HighEnd Magazine ini.

Untuk membaca wawancara selengkapnya dengan Adinia Wirasti, Anda bisa melihat di majalah HighEnd edisi Februari 2022. Dapatkan di toko buku terdekat atau pesan melalui Whatsapp di +62 857 7143 3228.

Photos: Febi Ramdhan
Styling: Ajeng Svastiari
Makeup: Vinna Gracia
Hair: Julia Cenvensius
Wardrobe: Miu Miu & Chanel

Baca juga: Sajian Terbaru MNC Pictures, Film ‘Kamu Tidak Sendiri’ SegeraTayang di Bioskop