Share
10 Tahun Berkarya, Tulus Rilis Album Baru Bertajuk “Manusia”
Dewi Anggriani Siregar
07 March 2022

Sejak merilis “Monokrom” 6 tahun lalu, Tulus kembali hadir dengan Album terbarunya bertajuk, "Manusia" yang menjadi angin segar bagi para penggemar dan pendengar setianya.


Setelah merilis album “Monokrom” 6 tahun silam, Tulus akhirnya kembali melahirkan album terbaru yang bertajuk, “Manusia” pada 3 Maret 2022. Album “Manusia” ini menjadi album kelima yang sekaligus menandai 1 dekade perjalanan karirnya dalam industri musik Tanah Air.

Sejalan dengan 10 tahun berkarya, album terbaru Tulus ini berisi 10 judul lagu termasuk, “Tujuh Belas” yang telah dirilis sepekan lebih awal, yakni pada 24 Februari lalu. Kemudian untuk 9 lagu lain tersebut di antaranya adalah Kelana, Remedi, Interaksi, Ingkar, Jatuh Suka, Nala, Hati-hati Di Jalan, Diri, dan Satu Kali. Album ini menjadi representasi dari 10 lagu di dalamnya yang bercerita tentang manusia dengan berbagai dinamika rasanya.

Sebelum album “Manusia” dirilis, Tulus melalui Instagram pribadinya memberikan bocoran tentang single “Tujuh Belas” dengan membagikan tayangan video yang menampilkan sebuah kue ulang tahun dengan lilin angka 17 berwarna biru dan beberapa potongan lirik dari lagu tersebut.

Mengalami perkembangan besar dalam karir bermusiknya, album terbaru ini tampak istimewa dan semakin matang baik dari segi produksi maupun proses kreatif. Meski begitu, Tulus tidak pernah kehilangan cara untuk membuat siapa saja yang mendengarkan lagunya merasa masuk ke dalam bait-bait lirik dan alunan musik khas serta karakter kuat suara merdunya.

Kehadirannya dengan album terbaru ini tentu membawa angin segar bagi para penggemar dan pendengar setianya yang telah menunggu 6 tahun lamanya pasca merilis “Monokrom” pada 2016 lalu. Meskipun tidak merilis banyak lagu berturut-turut setelah 6 tahun lamanya, Tulus tetap konsisten merilis single dan kolaborasi dengan penyanyi lain. Tulus juga berada di antara lima besar dalam daftar artis Indonesia yang paling banyak diputar di Spotify tahun 2021 dan meraih gelar artis Indonesia yang paling banyak diputar di Spotify pada tahun 2019. Salah satu single dari album "Manusia" yang bertajuk, "Hati-Hati di Jalan" pun hari ini berhasil menempati posisi trending di Twitter.