Yakon, Pengganti Gula Alami yang Berkhasiat Baik bagi Kesehatan

Wellness03 October 2021

By Clara Enocensia

Yakon, Pengganti Gula Alami yang Berkhasiat Baik bagi Kesehatan

Yakon, tanaman kaya manfaat asal Amazon yang dapat menjadi pemanis alami rendah kalori.


Sirup yakon adalah bahan alami pengganti gula yang berasal dari umbi tanaman yakon yang tumbuh di daerah Amazon. Selain dikenal sebagai pemanis alami, umbi yakon dapat diolah menjadi salad dan berbagai hidangan. Tak hanya itu daun yakon pun dapat dijadikan teh serta memiliki segudang manfaat lainnya untuk kesehatan. Berikut ulasannya.

1. Umbi yakon dapat mencegah kelebihan gula

Yakon memiliki efek anti-hiperglikemik dan dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Hal ini bermanfaat bagi pasien diabetes yang dapat menikmati rasa manis tanpa khawatir akan kadar gula darah dalam tubuh. Sehingga sirup yakon makin populer untuk digunakan sebagai pengganti gula tebu.

2. Dapat dinikmati mentah maupun diolah

Pemanfaatan ubi yakon yakni sebagai salad dan dibuat sirup, sedangkan daunnya dapat dibuat teh herbal. Masyarakat Amerika Selatan menggunakan daun yakon untuk membungkus makanan selama memasak.

3. Daun yakon sebagai teh herbal

Teh herbal dari daun yakon berdampak baik bagi kesehatan karena mengandung asam chlorogenic, asam ferulat, dan asam caffeic yang berpotensi sebagai antioksidan. Selain itu, teh ini dapat menurunkan gula darah dan meningkatkan konsentrasi plasma insulin.
Meminum dua kali sehari air rebusan daun yakon, dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Lima lembar daun yakon segar dapat direbus dengan dua gelas air dan rebus terus sampai airnya tinggal satu gelas, lalu diminum.