Dukung Bangkitnya Industri Film Indonesia, Sundance Film Festival: Asia 2022 Sukses Gelar di Jakarta
Bunga Revina
29 August 2022

Di tahun ini, Sundance Film Festival: Asia 2022 kembali hadir secara offline di Jakarta untuk para pecinta film sebagai bentuk dukungan untuk bangkitnya industri perfilman Indonesia.


Sundance Film Festival: Asia 2022 kembali hadir secara offline tahun ini pada 25 sampai dengan 28 Agustus 2022. Bertempat di FLIX Cinema ASHTA District 8, Sundance Film Festival: Asia 2022 resmi dibuka dengan opening speech dari perwakilan IDN Media, XRM Media, dan Sundance Institute sebagai kolaborator yang menghadirkan Sundance Film Festival: Asia tahun ini.

COO IDN Media, William Utomo, mengungkapkan bahwa kali ini merupakan tahun kedua Sundance Film Festival: Asia hadir di Jakarta setelah sebelumnya selalu diadakan di Hong Kong. “Terlebih akhirnya kali ini kita bisa mengadakannya secara offline. Bagi IDN Media, Sundance Film Festival: Asia menjadi salah satu bentuk komitmen kami untuk mendukung industri perfilman Indonesia dan tentunya tetap sejalan dengan visi kami untuk mendemokratisasi akses terhadap informasi yang berkualitas” begitu ungkapnya.

Sedangkan, Co-Founder and Chief Instigator XRM Media, Michael Chow, menambahkan bahwa Sundance Film Festival: Asia 2022 kali ini menjadi ajang untuk merayakan penceritaan dan perfilman independen, sekaligus mengenalkan dan menyebarkan budaya Indonesia ke dunia internasional melalui film.

CEO Sundance Institute, Joana Vicente, turut pula menyampaikan bahwa Sundance Film Festival memberi dukungan bagi para storyteller independen di seluruh dunia. Festival ini juga telah menunjukkan kontribusinya dalam mengembangkan dan memperkenalkan film independen di Amerika hingga ke seluruh dunia.

“Kami sangat antusias bisa hadir langsung di Jakarta untuk pertama kalinya, menampilkan deretan film independen terbaru dari Sundance Film Festival. Film-film ini adalah beberapa karya terbaik yang juga ditayangkan di Sundance Film Festival tahun ini di Utah, Amerika Serikat. Kita juga sangat beruntung banyak filmmakers yang terlibat dalam film-film tersebut bisa bergabung dengan kita sepanjang minggu ini. Film-film yang ditampilkan berasal dari berbagai negara dan kami bangga bisa secara khusus menghadirkan karya dari beberapa seniman Asia yang sangat berbakat” ungkap Joana.

Setelah itu, rangkaian acara terakhir di hari pertama perhelatan Sundance Film Festival: Asia 2022 adalah pemutaran film Fire of Love. Kemudian, pemutaran film diakhiri dengan sesi tanya jawab bersama sutradara film Fire of Love, Sara Dosa dan Director of Programming Sundance Institute, Kim Yutani.