World Coconut Day 2021: Fakta dan Manfaat dari Buah Kehidupan

Wellness02 September 2021

By Clara E.B Sagala

World Coconut Day 2021: Fakta dan Manfaat dari Buah Kehidupan

World Coconut Day, seluruh dunia memperingati dan menyoroti manfaat dari pohon kelapa bagi kehidupan manusia.


Pohon kelapa sering disebut sebagai “pohon kehidupan” karena segudang manfaatnya. Mulai dari bahan makanan, bahan bakar,obat, kosmetik, bahan bangunan, dan masih banyak lagi. Untuk menyoroti dampaknya bagi masyarakat yang begitu besar, Komunitas Kelapa Asia Pasifika atau APCC memperingati hari kelapa sedunia pada tanggal 2 September 2009 untuk pertama kalinya.

APCC bersama dengan UN-ESCAP (United Nations Economic and Social Commission for Asia Pacific) menyepakati bersama tema Hari Kelapa Sedunia tahun ini, yaitu “Building a Safe Inclusive Resilient and Sustainable Coconut Community Amid COVID-19 Pandemic and Beyond." Seluruh dunia merayakan salah satu buah alami yang paling sehat pada hari ini. Mari kita lihat beberapa manfaat kelapa untuk kesehatan.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tak hanya memberikan efek menyegarkan, air kelapa juga dapat meningkatkan stamina tubuh. Hal ini berkat kandungan karbohidrat di dalam air kelapa yang dapat menghasilkan energi, sehingga Anda pun bisa lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas.

Membantu menurunkan berat badan

Jika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, cobalah untuk mengonsumsi kelapa muda secara rutin. Penelitian menyatakan bahwa kelapa muda mengandung banyak serat yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Mendukung fungsi otak

Senyawa MCT dalam daging buah kelapa memiliki manfaat yang luar biasa. Senyawa tersebut mampu membantu menunjang fungsi otak, sehingga baik dikonsumsi oleh pengidap gangguan memori dan fungsi otak, seperti penyakit Alzheimer. Hal ini disebabkan oleh senyawa MCT yang dapat menjadi bahan bakar alternatif glukosa dalam tubuh.

Melawan radikal bebas

Air kelapa mengandung antioksidan yang dapat membantu menetralkan stres oksidatif akibat radikal bebas. Carilah air kelapa yang segar untuk mendapatkan kadar antioksidan yang tinggi. Menurut sebuah penelitian, air kelapa yang diproses dan dipasteurisasi panas memiliki lebih sedikit antioksidan