Share
World Beard Day: Tips Merawat Jenggot Agar Terlihat Rapi dan Maskulin
Clara E.B Sagala
03 September 2021

Memperingati hari Jenggot dunia, kali ini HighEnd akan berbagi tips perawatan untuk Anda yang gemar memanjangkan jenggot.


Menumbuhkan jenggot adalah salah satu cara yang dapat dicoba untuk memberikan kesan baru, terutama bagi Anda yang belum pernah mencobanya sama sekali. Menurut sebagian orang, pria akan terlihat lebih maskulin dengan jenggot yang lebat, terawat, dan rapi.

Namun bagi Anda yang gemar memanjang jenggot, Anda perlu memastikan apakah rambut dan kulit bagian jenggot Anda terawat dan sehat sama halnya seperti rambut Anda. Berikut cara-cara yang tepat untuk merawatnya:

Gunakan Shampoo Khusus

Merawat brewok atau jenggot yang mulai memanjang perlu dirawat menggunakan sampo khusus. Anda bisa berhenti menggunakan sampo rambut untuk membersihkan jenggot. Sebab sampo rambut dapat membuat kulit disekitar janggut Anda menjadi kering. Anda dapat menggunakan sampo khusus yang berfungsi untuk membersihkan sekaligus menguatkan akar jenggot.

Pisau Cukur yang Nyaman

Pisau cukur memiliki peran penting dalam perawatan jenggot, bukan hanya dari segi pisau saja, shaving foam sampai perawatan after shave juga dibutuhkan. Setiap pria wajib memiliki perlengkapan cukur yang sudah cocok dan nyaman untuk digunakan.

Gunakan Pelembab Khusus

Ada dua jenis pelembab yang bisa Anda gunakan, yaitu minyak dan krim. Pelembab membantu menjaga kesehatan kulit dan kelebatan jenggot anda

Jangan Lupa Menjaga Kebersihan Mulut

Terkadang, kehadiran jenggot di wajah kita sangat erat kaitannya dengan kebersihan mulut. Rambut di area mulut sangat rentan terhadap hadirnya bakteri, yang berakibat tidak baik pada kesehatan kulit sekitar jenggot. Alangkah lebih baik untuk Anda merawat kebersihan daerah mulut dengan gosok gigi dua kali sehari, berkumur setelah makan, dan pastinya merawat/jenggot dengan tepat.