Share
Wajah Terlihat Bengkak Saat Bangun Tidur? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya!
Trisha Aulia
16 February 2023

Puffy face atau wajah yang membengkak setelah bangun tidur tentu sangat menyebalkan dan bisa menurunkan rasa percaya diri. Cobalah beberapa cara di bawah ini untuk mengatasinya!


Setelah bangun tidur, mayoritas orang memiliki kebiasaan untuk melihat wajah mereka di cermin. Tak jarang, wajah yang membengkak setelah tidur semalaman, atau yang juga dikenal sebagai “puffy face”, hadir sebagai permasalahan yang menjengkelkan di pagi hari.

Dilansir dari WebMD, wajah bengkak di pagi hari terjadi karena retensi cairan, yaitu kondisi di mana terjadi penumpukkan cairan yang berlebihan pada area tubuh tertentu. Retensi cairan sendiri merupakan sebuah reaksi tubuh Anda terhadap beberapa faktor penyebab, mulai dari konsumsi sodium yang berlebihan, konsumsi alkohol, alergi, kekurangan atau kebanyakan tidur, hingga PMS (Premenstrual Syndrome).

Apapun penyebabnya, tidak bisa dipungkiri bahwa wajah bengkak dapat membuat Anda kurang percaya diri atau bahkan tidak mood untuk menjalani hari. Tidak perlu khawatir, berikut adalah beberapa cara yang terbukti ampuh meredakan pembengkakan pada wajah:

Mengompres Wajah

Kompres wajah merupakan metode yang paling sering digunakan untuk meredakan wajah yang bengkak setelah tidur semalaman. Selain mudah untuk dilakukan, hasilnya pun nyata. Anda dapat mengompres area wajah yang membengkak menggunakan es batu, air dingin, timun, ataupun bahan-bahan yang mengandung kafein, seperti kantong teh celup dan kopi.

Mengompres dapat meredakan puffy face karena sensasi dingin dapat menyempitkan pembuluh darah di wajah sehingga sangat ampuh untuk mengurangi pembengkakan. Selain itu, kandungan antioksidan yang terdapat dalam kafein juga diketahui efektif untuk merangsang sirkulasi sehingga cairan yang menumpuk di wajah akan cepat mereda.

Memijat Wajah

Cairan limfe, atau yang lebih dikenal sebagai lymphatic fluid, merupakan cairan yang biasa menumpuk dan menyebabkan pembengkakan di area mata, pipi, dan juga rahang. Anda dapat meredakan pembengkakan tersebut melalui cara manual lymphatic drainage, yaitu dengan melakukan pemijatan lembut pada wajah.

Memijat wajah dengan metode, cara, serta arah yang tepat membantu mengalirkan cairan yang menumpuk di jaringan melalui kelenjar getah bening. Meskipun memijat menggunakan tangan sudah cukup efektif, ada juga beberapa benda khusus yang dapat Anda gunakan, seperti gua sha dan jade roller yang belakangan sedang hits di kalangan beauty enthusiasts.

Minum Air Putih yang Cukup

Dehidrasi bisa menjadi penyebab utama terjadinya pembengkakan pada wajah. Jika Anda kurang mengkonsumsi air, sel dan jaringan tubuh Anda akan menyerap dan menampung air sebagai mekanisme pertahanan alami tubuh. Hal ini menyebabkan retensi cairan dan timbulnya puffy face.

Saat mengkonsumsi air putih, sel dalam tubuh Anda akan memberikan sinyal untuk melepaskan cairan yang tertahan sehingga pembengkakan akan mereda. Oleh karena itu, Anda perlu minum air putih yang cukup agar sirkulasi tubuh tetap terjaga.

Menggerakkan Tubuh dan Olahraga

Saat tidur, tubuh Anda berada dalam posisi berbaring diam dengan gerakan minimal untuk waktu yang cukup lama. Hal tersebut memperlambat sirkulasi tubuh dan menyebabkan penumpukkan cairan serta pembengkakan yang paling jelas terlihat di wajah.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menggerakan tubuh dan berolahraga ketika bangun tidur. Olahraga ringan akan membantu jantung memompa darah dan melancarkan sirkulasi seluruh tubuh yang tentunya efektif untuk menghilangkan pembengkakan.