Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Viral Women Supporting Women Challenge, Seleb Indonesia Ramai Post Foto di Instagram

Event28 July 2020

By Larasati Oetomo

Viral Women Supporting Women Challenge, Seleb Indonesia Ramai Post Foto di Instagram

Selebriti dunia hingga Indonesia kompak mengunggah foto potret diri berwarna hitam-putih di Instagram dengan tagar #womensupportingwomen. Ada apa?


Apabila Anda pengguna aktif Instagram, Anda mungkin sudah sering menemukan kiriman para perempuan di Instagram berwarna hitam-putih. Tidak—Anda bukannya mendadak buta warna total. Mereka memang sengaja mengirim foto diri berwarna monokrom untuk mengikuti tren baru di Instagram yang tengah viral: Women Supporting Women challenge.

Sebagaimana “challenge” lainnya di Instagram, terdapat sederet aturan yang berlaku dalam permainan ini. Pertama, Anda disarankan bergender perempuan—bukannya kenapa-kenapa, agar tidak canggung saja, sih, ketika mengorelasikan foto diri Anda dengan tagar #womensupportingwomen. Kedua, Anda hanya perlu mengirim potret diri Anda dalam versi hitam-putih, lengkap dengan tagar #womensupportingwomen di bagian caption (ditambah kutipan bijak agar semakin sangar juga boleh). Apabila Anda di-tag oleh akun lain untuk ikut bermain, Anda bisa menambahkan tagar #challengeaccepted. Terakhir, Anda bisa tag teman perempuan Anda lainnya dalam foto Anda untuk mengajak mereka ikut bermain.

Tidak ada yang benar-benar tahu bagaimana awal mula hal ini menjadi tren. Sebagian portal berita mungkin mengasosiasikannya dengan kasus-kasus pelecehan yang tengah hangat diperbincangkan, namun opini-opini tersebut perlu dicek ulang.

Challenge Instagram kali ini dianggap sebagai simbol solidaritas kaum perempuan dan penyebar aura positif. Jika pun benar demikian, saya sendiri tidak paham apa korelasi dari mengirim foto hitam-putih dari diri Anda, menggunakan tagar dan mengajak teman-teman Anda melakukan hal yang sama dengan pergerakan feminisme atau pemberdayaan perempuan. Walaupun tidak benar-benar punya dampak dalam mengangkat permasalahan perempuan pun, yang penting seru saja.

Pokoknya, per hari ini (28/8), tagar #womensupportingwomen sudah dipakai total 7 juta kali dan #challengeaccepted 4 juta kali. Total buzz yang luar biasa ini diberkati oleh selebriti populer sekaliber Jennifer Aniston hingga Reese Witherspoon yang turut bergabung.

Di kalangan netizen Indonesia sendiri, tak sedikit selebriti yang ikut bergabung dan mengajak teman-temannya dalam pergerakan ala internet ini. Siapa saja?

WULAN GURITNO

KELLY TANDIONO

DIAN SASTROWARDOYO

CINTA LAURA KIEHL

NAJWA SHIHAB

ROSSA

MARSHA TIMOTHY

YUNI SARA

AUDY ITEM

JESSICA ISKANDAR

Challange accepted #womensupportingwomen

A post shared by Jessica Iskandar (@inijedar) on