Share
Viral di TikTok, Simak Berbagai Manfaat Rosemary Oil Untuk Kesehatan Rambut!
Putrika Annaya Salsabila
30 August 2023

Pada film barunya, Dakota Johnson terlihat meninggalkan gaya rambut khasnya dan mencoba model lain yang cukup sensasional.


Essential oil memiliki banyak manfaat untuk rambut, tidak terkecuali minyak rosemary. Dengan manfaatnya yang banyak, tidak heran jika minyak rosemary menjadi viral di TikTok.

Jadi, bagaimana cara kerja minyak rosemary topikal untuk memberi manfaat pada rambut?

Sebelum mendalaminya, kita harus memahami apa itu minyak rosemary. Minyak rosemary berasal dari tanaman yang paling banyak ditemukan di kawasan Mediterania, yaitu tanaman rosmarinus officinalis.

rosemary oil 1

Bahan alami ini bekerja sebagai antioksidan anti inflamasi yang memiliki sifat antimikroba.

Dalam hal pertumbuhan rambut dan kesehatan rambut secara keseluruhan, minyak rosemary memiliki beberapa manfaat yang terbukti. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa obat ini dapat memberikan hasil yang serupa dengan obat pertumbuhan rambut minoxidil setelah enam bulan.

Dengan menggunakan minyak rosemary, sirkulasi di kulit kepala akan meningkat sehingga aliran darah juga akan lebih lancar untuk merangsang pertumbuhan rambut. Bukan hanya itu, minyak rosemary juga dapat mengurangi kerusakan serta kerontokan rambut dengan melapisi batang rambut dengan minyak, sehingga rambut tampak lebih kuat, lembut, dan halus. Bersifat antimikroba dan antiinflamasi, minyak rosemary bisa membantu mengurangi ketombe, jerawat di kulit kepala, dan jenis kemerahan lainnya.

Rosemary Oil 2

Cara paling aman dan efektif menggunakan minyak rosemary untuk mendapatkan manfaatnya adalah dengan memijat sekitar lima tetes langsung ke kulit kepala dengan sedikit minyak carrier. Minyak carrier seperti argan, jojoba, atau minyak kelapa adalah bahan yang cocok dengan minyak rosemary karena minyak rosemary murni dapat menyebabkan iritasi.

Minyak rosemary bersifat kuat dan dapat menyebabkan iritasi pada area sensitif, jadi akan lebih baik jika dikonsultasikan dengan dokter kulit saat memutuskan apakah itu pilihan yang terbaik untuk kulit Anda.